Jumat, 20 Februari 2015

Menhan Inggris: Rusia Momok bagi Baltik, NATO Harus Siaga

IB Menhan Inggris Rusia Momok bagi Baltik, NATO Harus Siaga
Pasukan separatis saat perang dengan tentara Ukraina. Inggris sebut Rusia momok yang mengusik Baltik. Foto Reuters.
LONDON  (CB) - Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris, Michael Fallon, mengatakan, Rusia sudah hadir dan menjadi momok nyata bagi negara-negara Baltik. Menurutnya, NATO harus siaga dari bahaya agresi Rusia.

Fallon mengatakan, Rusia mencoba untuk mengguncang tiga negara Baltik, yakni Latvia, Lithuania dan Estonia. Dia khawatir bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin menekan tiga negara Baltik pecahan Soviet yang telah menjadi anggota NATO.

Menhan Inggris itu curiga, Rusia akan menggunakan taktik serupa seperti yang dilakukan saat mencaplok Crimea dar Ukraina untuk mengusik tiga negara Baltik.

“NATO harus siap untuk (menghadapi) agresi dari Rusia dalam bentuk apa pun. NATO bersiap-siap,” katanya, seperti dilansir BBC, Kamis (19/2/2015).

Fallon mengaku benar-benar mengkhawatirkan tindakan Putin. ”Saya khawatir tentang tekanannya di Baltik, itu cara dia menguji NATO,” imbuh dia.

Rusia beberapa kali membantah telah membantu separatis pro-Rusia. Rusia juga pernah menyatakan, bahwa mereka tidak tertarik mengusik negara-negara Baltik. Kendati demikian, Inggris menuding senjata-senjata yang digunakan separatis pro-Rusia di Ukraina timur merupakan senjata Rusia


Credit SINDOnews