Rabu, 18 Februari 2015

Kesepakatan AS-Turki bantu perlawanan di Suriah


Kelompok pemberontak Suriah
 Yang akan mendapat bantuan adalah kelompok pemberontak Suriah yang moderat.


 CB - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan sudah mencapai kesepakatan prinsip dengan Turki untuk melatih dan mempersenjatai kelompok perlawanan yang moderat di Suriah.
Pemerintah Washington ingin melatih beberapa ribu pejuang Turki di lokasi-lokasi yang terletak di Turki dan di beberapa tempat lain di kawasan tersebut.
Kesepakatan ini dilaporkan sebagai perkembangan positif dalam hubungan Amerika Serikat dan Turki yang kadang kala diwarnai ketegangan.
Namun belum banyak rincian yang diungkapkan tentang kesepakatan tersebut.
"Seperti yang kami sudah umumkan sebelumnya, Turki sepakat menjadi salah satu tuan rumah untuk program melatih dan memberi peralatan kepada pasukan oposisi Suriah yang moderat,"juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, menjelaskan kepada para wartawan.
"Kami mengharapkan untuk menyelesaikan dan menandatangani kesepakatan dengan Turki segera," katanya menambahkan
.
 Suriah
Turki ingin agar perlawanan ditujukan untuk menjatuhkan pemerintah Suriah.
Turki selama ini dilaporkan ingin agar operasi militer di Suriah dipusatkan untuk menggulingkan pemerintahan pimpinan Presiden Bashar al-Assad.
Namun Amerika Serikat melihat perang melawan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS -yang menguasai beberapa wilayah di Irak dan Suriah- sebagai prioritas.
Laporan-laporan menyebutkan program pelatihan kelompok perlanawan Suriah itu akan dimulai bulan depan.
Bulan lalu, Departemen Pertahanan AS mengatakan akan mengirimkan sekitar 1.000 pasukan ke Arab Saudi, Qatar, dan Turki sebagai bagian dari program tersebut.


Credit BBC Indonesia