Selasa, 03 Februari 2015

Jeman Tidak Akan Pasok Senjata ke Ukraina

Jeman Tidak Akan Pasok Senjata ke Ukraina
Kanselir Jerman, Angela Merkel tegaskan tak akan kirim senjata ke Ukraina. Foto Reuters
BERLIN (CB) - Pemerintah Jerman menegaskan tak mau mengikuti langkah sekutu mereka, Amerika Serikat (AS), yang akan memasok senjata kepada Ukraina. Menurut pemerintah Jerman, pengiriman senjata justru akan menambah buruk situasi di Ukraina.

"Kami tidak akan memasok senjata kepada Ukraina. Konflik di wilayah tersebut tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan jalur kekerasan," ucap Kanselir Jerman, Angela Merkel dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Senin (2/2/2015).

Sebelumnya, seperti diberitakan New York Times, AS mulai memberikan sinyal-sinyal akan memasok senjata kepada pemerintah Ukraina. AS beralasan, langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap pasukan Ukraina, yang saat ini sedang berperang melawan separatis.

”Presiden (Barack) Obama tidak membuat keputusan untuk memasok bantuan mematikan tersebut. Tapi setelah serangkaian kejadian yang membuat pasukan Ukraina menderita dalam beberapa pekan terakhir, pemerintahan Obama mengambil keputusan baru terkait bantuan militer,” tulis media AS itu.

Sementara itu, Rusia melalui Menteri Luar Negeri mereka, Sergei Lavrov mengecam keras tindakan pemerintah AS tersebut. Lavrov menyebut hal ini adalah bukti bahwa AS memang menginginkan perang di Ukraina.

Credit SINDOnews