Jumat, 07 September 2018

Rusia Kembali Bantah Terlibat Terlibat Dalam Serangan Skripal


Rusia Kembali Bantah Terlibat Terlibat Dalam Serangan Skripal
Dua warga Rusia, Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov, ditetapkan menjadi tersangka serangan racun terhadap Sergei Skripal dan putrinya, Yulia. Foto/Istimewa

MOSKOW - Rusia kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam serangan dengan menggunakan racun syaraf, novichok, terhadap Sergei Skripal dan putrinya Yulia. Ini merupakan atas pernyataan yang dilontarkan pemerintah Inggris, setelah London merilis dua nama pelaku serangan skripal.

Inggris mendakwa dua warga Rusia secara in absentia, atau tanpa kehadiran kedua orang itu, atas serangan terhadap Skripal dan putrinya. London lalu menyebut, kedua warga Rusia, yang diketahui bernama Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov adalah agen mata-mata Rusia.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menegaskan bahwa badan intelijen Moskow, dari pangkat terendah hingga pangkat tertinggi sama sekali tidak terlibat dalam serangan terhadap mantan mata-mata Rusia itu.

"Kami lagi-lagi mengatakan bahwa baik pimpinan atas, maupun pimpinan peringkatnya lebih rendah atau perwakilan resmi u tidak ada hubungannya dengan peristiwa di Salisbury," kata Peskov, merujuk pada lokasi serangan Skripal.

"Setiap saran atau tuduhan semacam itu, saya ulangi, tidak dapat diterima," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (6/9).

Kasus serangan racun itu sendiri telah memicu krisis diplomatik Rusia dengan negara-negara Barat dengan saling mengusir sejumlah besar diplomat. Amerika Serikat (AS) juga memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Rusia atas insiden itu.





Credit  sindonews.com