Senin, 04 Juni 2018

India Tes Rudal Balistik Agni-5 Berkemampuan Nuklir


India Tes Rudal Balistik Agni-5 Berkemampuan Nuklir
Rudal balistik Agni-5 India yang memiliki kemampuan nuklir diuji terbang pada hari Minggu (3/6/2018). Foto/Kementerian Pertahanan India


NEW DELHI - India berhasil menguji coba peluru kendali (rudal) balistik Agni-5, yang memiliki kemampuan nuklir, pada Minggu pagi. Uji coba senjata ini diumumkan kantor Kementerian Pertahanan setempat.

"Rudal balistik jarak jauh Agni-5 berhasil diuji terbang pada pukul 09.45 hari ini (Minggu) dari Dr APJ Abdul Kalam Island," kata kantor tersebut melalui Twitter. Pulau lokasi tes senjata tersebut terletak di Teluk Benggala.

The Press Trust of India (PTI), yang dikutip Senin (4/6/2018), melaporkan bahwa rudal itu memiliki kemampuan untuk membawa hulu ledak nuklir dan memiliki jangkauan serangan sekitar 3.107 mil.

India telah mengembangkan sistem nuklir dan misilnya dalam beberapa tahun terakhir di tengah meningkatnya persaingan strategis dengan China.

Ketegangan kedua negara sempat berkobar tahun lalu terkait sengketa wilayah perbatasan di Himalaya.

Kementerian Pertahanan India telah merilis sejumlah foto dari uji terbang rudal Agni-5.

"Semua Radar, Stasiun Pelacakan Optik Elektro dan Stasiun Telemetri melacak kendaraan sepanjang jalur lintasan," kata kementerian tersebut. "Semua tujuan misi telah tercapai."

Menteri Pertahanan Nirmala Sitharaman mengucapkan selamat kepada para ilmuwan di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO), angkatan bersenjata dan lembaga lain atas kesuksesan uji coba senjata tersebut.




Credit  sindonews.com