Selasa, 15 Mei 2018

PM Malaysia Mahathir Mohamad akan Selidiki Jaksa Agung


Tan Sri Mohamed Apandi Ali [The Malaysian Times]
Tan Sri Mohamed Apandi Ali [The Malaysian Times]

CB, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, memerintahkan Jaksa Agung Malaysia, Tan Sri Mohamed Apandi Ali, untuk mengambil cuti dan akan digantikan sementara oleh jaksa umum.
Perdana Menteri mengatakan meskipun kontrak Apandi telah diperpanjang, pemerintah akan melakukan proses penyelidikan terhadap Apandi.
"Ketika dia sedang cuti, jaksa umum akan mengambil alih pekerjaannya dan akan melanjutkan pekerjaannya," kata Mahathir Mohamad dalam konferensi pers di Perdana Leadership Foundation pada Senin 14 Mei, seperti dikutip dari The Star.

"Kami membutuhkan dasar untuk penyelidikan. Pada saat ini, kami belum mengajukan laporan resmi, meskipun ada banyak tuduhan terhadap Apandi," kata Mahathir Mohamad ketika ditanya apakah Apandi tengah dalam penyelidikan.

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menjenguk Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Rehabilitasi di Cheras, Kuala Lumpur, Sabtu sore 12 Mei 2018. Presiden PKR, Wan Azizah Wan Ismail, yang merupakan istri Anwar, turut hadir dalam pertemuan ini. Facebook.com/Bebas Anwar
Mahathir Mohamad menyebut ketika penyelidikan dimulai maka Apandi bisa ditangguhkan termasuk melarang pergi ke luar negeri. Namun Apandi masih terlihat bekerja di kantornya pada Senin ini.

Mahathir Mohamad sebelumnya mengatakan bahwa Apandi telah merusak kredibilitasnya sendiri dan mengungkapkan beberapa pegawai pemerintah akan diselidiki atas peran mereka dalam pembatalan penyelidikan terhadap skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).





Credit  TEMPO.CO