Selasa, 15 Mei 2018

Lagi, AS Hendak Uji Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III



Lagi, AS Hendak Uji Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III
Tes rudal balistik antarbenua Minuteman III pada November 2017 lalu. Foto/REUTERS/US Air Force


WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) dijadwalkan melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III pada hari Senin (14/5/2018) waktu setempat. Sebelumnya, rudal serupa diuji coba pada 25 April lalu.

Tes ICBM Minuteman III tanpa hulu ledak dijadwalkan berlangsung dari Vandenberg Air Force Base (VAFB) utara antara pukul 01.21 hingga 07.21 pagi.

Komando Serangan Global Angkatan Udara AS mengatakan, tujuan dari tes ICBM ini adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi keefektifan, kesiapan dan keakuratan sistem senjata.

Menurut komando tersebut seperti dilansir Santa Maria Times, program peluncuran tes ICBM menunjukkan kemampuan operasional Minuteman III dan memastikan kemampuan AS untuk mempertahankan penangkal nuklir yang kuat dan kredibel sebagai elemen kunci dari keamanan nasional dan keamanan sekutu dan mitra AS.

Sepanjang 2017 lalu, VAFB menyelenggarakan empat tes peluncuran Minuteman III. Jumlah uji coba itu merupakan angka rata-rata tes ICBM yang diadakan setiap tahun di pangkalan tersebut.

Dalam tes terbaru yang dijadwalkan hari Senin, militer AS berencana untuk melacak rudal tersebut saat melakukan perjalanan 4.200 mil ke target yang telah ditentukan di dekat Atol Kwajalein di Samudra Pasifik bagian tengah.

Namun, cuaca yang tidak menguntungkan atau masalah teknis di Vandenberg bisa berpotensi menunda tes rudal tersebut. 




Credit  sindonews.com