Kamis, 28 September 2017

Rusia Hancurkan Senjata Kimia, Putin Sindir AS



Rusia Hancurkan Senjata Kimia, Putin Sindir AS
Rusia menghancurkan cadangan terakhir senjata kimia miliknya. Foto/Istimewa



MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin langsung penghancuran senjata kimia terakhir yang dideklarasikan negaranya pada hari Rabu. Ia menggambarkannya sebagai sebuah peristiwa bersejarah.

Dalam kesempatan yang sama, Putin mengeluhkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah gagal untuk membersihkan gudang senjata kimia miliknya sendiri.

Baik Rusia dan AS menyimpan stok terbesar senjata kimia di dunia. Kedua negara itu seharusnya menghancurkan semua senjata kimia mereka pada tahun 2012 berdasarkan kesepakatan internasional, Konvensi Senjata Kimia, yang mereka tandatangani pada tahun 1993 dan mulai berlaku pada tahun 1997. Batas akhir untuk penghapusan senjata kimia pada awalnya ditetapkan pada tahun 2007. Namun, dengan kedua negara yang tidak mendekati tujuan tersebut, tenggat waktu diperpanjang hingga 2012.

Baik Rusia maupun Amerika Serikat juga tidak memenuhi tenggat waktu tersebut, walaupun Putin pada hari Rabu menyatakan bahwa Rusia tiga tahun lebih cepat dari tenggat waktu 2020 yang ditetapkan untuk dirinya sendiri.

Televisi pemerintah menunjukkan Putin memerintahkan pejabat di sebuah pusat penghancuran di desa Rusia Tengah Kizner untuk membongkar roket terakhir yang mengandung zat kimia mematikan. Roket hijau, masing-masing dihancurkan oleh mesin di dalam wadah tertutup, berisi kata-kata "Perpisahan, senjata kimia" yang ditulis dengan warna putih dalam bahasa Rusia.

"Amerika Serikat sayangnya tidak memperhatikan batas waktu untuk menghancurkan senjata kimia berdasarkan kewajiban perjanjian. Mereka telah mendorong tanggal tersebut tiga kali, dengan alasan kekurangan dana anggaran. Terus terang, ini terdengar aneh, tapi terserah mereka," kata Putin seperti dikutip dari New York Times, Kamis (28/9/2017).

Valery Kapashin, kepala agen Rusia yang bertanggung jawab atas penyimpanan dan penghancuran senjata kimia, mengatakan kepada Putin melalui link video ke rumah presiden di luar Moskow: "Kamerad komandan! Senjata kimia Federasi Rusia sekarang telah sepenuhnya dihancurkan. "

Di Washington, seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa AS sepenuhnya mematuhi perjanjian tersebut dan terus menghancurkan sisa persediaannya, yang disimpan di Pueblo, Colorado, dan Richmond, Ky. "Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk penghancuran total stok senjata kimia yang diumumkan pada akhir tahun 2023," kata pejabat tersebut.

Hamid Ali Rao, Wakil direktur Organisasi Larangan Senjata Kimia, sebuah badan yang berbasis di Den Haag yang mematuhi konvensi 1993, menyatakan bahwa tindakan tersebut sebuah peristiwa yang benar-benar penting.

Dia mengatakan bahwa itu menandakan penghapusan semua stok bahan kimia yang diumumkan oleh Federasi Rusia. 




Credit  sindonews.com