Jumat, 29 September 2017

China dan AS Bahas Nasib Korut setelah Kim Jong-un Tumbang



China dan AS Bahas Nasib Korut setelah Kim Jong-un Tumbang
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut para ilmuwan nuklirnya di Pyongyang 10 September 2017. Foto/REUTERS



WASHINGTON - China dan Amerika Serikat (AS) sudah berdiskusi membahas kehidupan di Korea Utara (Korut) setelah Kim Jong-un tumbang suatu hari nanti. Pembahasan ini langka, karena topik soal tumbangnya rezim Kim Jong-un merupakan tabu besar bagi Beijing.

Selama bertahun-tahun, China telah menolak usaha AS untuk mengangkat topik tersebut. Pembahasan itu diungkap Bonnie Glaser, penasihat senior untuk Asia di Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Washington.

Glasser memimpin pihak AS dalam diskusi “Track 2” yang melibatkan akademisi kebijakan luar negeri kedua negara, perwira militer dan lembaga penelitian yang berafiliasi dengan pemerintah China.

Dari perspektif China, diskusi masalah tersebut dapat memicu kekhawatiran Korut, sekutu yang menikmati dukungan Beijing sejak Perang Korea tahun 1950-an. Ada juga ketakutan bahwa hal itu akan memberi AS keuntungan untuk menyatukan kembali semenanjung Korea dengan persyaratannya.

”Ketika kami pertama kali memulai usaha ini, orang-orang China memberi tahu kami—dan banyak orang lainnya, termasuk pejabat AS—bahwa jika mereka terlibat dalam diskusi seperti itu dengan AS, itu akan keluar, akan dibocorkan, Korut akan mengetahui dan mereka akan membalas,” ujar Glaser, seperti dikutip dari The Washington Post, Kamis (28/9/2017).

Namun, karena ancaman aksi militer AS dan Korut, serta Kim Jong-un yang mengembangkan senjata nuklir, para pengamat mulai memainkan skenario terburuk.

Pemerintah maupun militer China belum mengomentari bocoran laporan adanya diskusi pembahasan nasib penggulingan rezim Kim Jong-un tersebut. Beijing selama ini berupaya melindungi sekutunya setelah situasi di Semenanjung Korea memanas.

Namun, China juga berulang kali tidak menyukai aksi provokasi Korut termasuk uji coba rudal dan senjata nuklir yang membuat Beijing pada akhirnya mendukung penjatuhan sanksi oleh Dewan Keamanan PBB.

Presiden Donald Trump sebelumnya menegaskan kepada wartawan bahwa AS siap untuk menggunakan kekuatan militer yang ”menghancurkan” terhadap Korut meskipun itu bukan pilihan yang lebih baik. 





Credit  sindonews.com