Jumat, 04 Maret 2016

Kim Jong-un Perintahkan Nuklir Korut Siaga Setiap Saat



Kim Jong-un Perintahkan Nuklir Korut Siaga Setiap Saat  
Pemimpin Korut Kim Jong-un memerintahkan hulu ledak nuklir mereka untuk siap setiap saat untuk mengantisipasi serangan Amerika yang bisa datang kapan saja. (Reuters/KCNA)
 
Jakarta, CB -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memerintahkan hulu ledak nuklir mereka untuk siap setiap saat jika dibutuhkan. Hal ini menurut dia diperlukan untuk menghadapi serangan Amerika Serikat yang tanpa peringatan.

Diberitakan kantor berita Korut, KCNA, Jumat (4/3), komentar ini disampaikan Kim usai penjatuhan sanksi baru terhadap negara itu menyusul peluncuran roket dan uji nuklir terbaru mereka.

"Di bawah situasi yang ekstrem saat ini dengan imperialis AS yang menggunakan pengaruh militernya dengan tidak baik dan tekanan dari negara dan masyarakat lain untuk memulai perang dan malapetaka, satu-satunya cara bagi kita untuk melindungi kedaulatan dan hak untuk hidup adalah memperkuat kualitas dan kuantitas tenaga nuklir dan menciptakan keseimbangan kekuatan," kata Kim.

KCNA juga mengonfirmasi peluncuran "proyektil jarak pendek" yang sehari sebelumnya telah dilaporkan oleh kepala staf militer Korea Selatan.

Sebelumnya dalam pekan ini Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi terhadap Korut atas pelanggaran terhadap sanksi sebelumnya dengan melakukan uji coba nuklir dan roket. Korut berdalih, roket itu untuk meluncurkan satelit.

Resolusi PBB soal sanksi Korut bertujuan untuk melumpuhkan kemampuan ekonomi negara itu dalam meningkatkan program nuklir dan rudal balistik.

Perundingan sanksi ini disampaikan setelah Korut mengklaim sukses uji coba bom hidrogen pada Januari lalu, uji nuklir keempat negara itu.



Credit  CNN Indonesia