Selasa, 03 Maret 2015

Terkait Dengan Panglima Perang, 27 Pejabat Senior Polisi Dipecat


Ilustrasi polisi Afghanistan. (Ist)
Kabul, CB -Setidaknya 27 pejabat senior kepolisian Afghanistan dipecat dari berbagai posisi. Mereka diduga memiliki kaitan langsung dengan panglima-panglima perang di negara itu.

Dalam wawancara dengan BBC, Senin (2/3/2015), Kepala kepolisian Kabul, Abdul Rahman Rahimi, menyebutkan termasuk di antara pejabat kepolisian yang dipecat adalah seluruh komandan pos kepolisian Kabul serta kepala divisi anti-narkotika.

Sementara, perintah pemecatan ini datang langsung dari Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, dimana sesudah pembentukan pemerintahan di Afghanistan pada tahun lalu, Presiden Ghani menyatakan bahwa hampir seluruh komandan kepolisian memiliki kaitan langsung dengan panglima-panglima perang.

"Mereka harus meninggalkan jabatan mereka," kata Ghani.

Selain itu, ia juga telah bersumpah untuk memutus lingkaran suram korupsi di pemerintahan Afghanistan.

Sedangkan upaya pemecatan ini dipandang secara luas sebagai bagian dari upaya Presiden Ghani untuk merombak ulang militer dan kepolisian negeri itu sejak menjabat pada September tahun lalu.

Para pengganti bagi para pejabat ini akan dipilih oleh sebuah komisi khusus, dan mereka akan dilantik, bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada para pejabat lama yang telah mengabdi lebih dari sepuluh tahun.


Credit  HanTer