Jumat, 06 Maret 2015

Rusia Gelar Latihan Militer Besar-besaran


Rusia Gelar Latihan Militer Besar-besaran
Sejumlah tentara Rusia turut ambil bagian dalam parade militer di Lapangan Merah, Moscow, Rusia, beberapa waktu lalu. (REUTERS/ Denis Sinyakov )
 
  CB - Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis, 5 Maret 2015, mengumumkan bahwa latihan militer berskala besar telah dimulai di selatan Rusia, serta di wilayah-wilayah konflik pada perbatasan Rusia.

Dikutip dari Reuters, latihan itu melibatkan lebih dari 2.000 pasukan anti-pesawat dan 500 jenis persenjataan, dan akan digelar hingga 10 April 2015. Latihan dilakukan pada beberapa wilayah.

Diantaranya Distrik Federal Kaukasus Utara dan Selatan, Abkhazia, South Ossetia dan Crimea, yang baru bergabung dengan Rusia selah lepas dari Ukraina, pada akhir 2014 lalu.

Latihan militer itu akan dilihat oleh Barat sebagai unjuk kekuatan, seiring terjadinya kembali ketegangan antara Rusia dan Barat sejak berakhirnya Perang Dingin, yang dipicu oleh krisis Ukraina.

Ukraina dan Barat menuduh Rusia mengatur serangan sparatis di Ukraina timur, dengan melibatkan pasukan dan persenjataan Rusia. Moscow berulangkali membantah tuduhan itu.

Pada konferensi pers di Moscow, tidak terkait dengan latihan militer, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Antonov mengatakan negara-negara NATO menggunakan situasi di Ukraina, sebagai dalih untuk mendekat ke perbatasan Rusia.

Pada Rabu, 4 Maret 2015, kapal NATO tiba di Laut Hitam, untuk melakukan latihan dengan kapal-kapal dari Bulgaria, Rumania dan Turki.

Credit  VIVA.co.id