Selasa, 24 Maret 2015

Pesawat F-15 Jepang Cegat Jet Bomber Rusia


Pesawat F 15 Jepang Cegat Jet Bomber Rusia
Pesawat jet bomber Tu-95 Rusia yang dicegat pesawat tempur F-15 Jepang. Foto: Reuters.
 
TOKYO (CB) - Pesawat tempur F-15 Angkatan Udara Jepang mencegat pesawat jet bomber Tu-95 Rusia di wilayah udara lepas pantai Jepang. Demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang pada Senin (23/3/2015).

Menurut Kementerian itu, aksi pesawat tempur mencegat pesawat jet bomber Rusia sebenarnya berlangsung dalam dua kesempatan secara terpisah pada 20 Maret 2015. Namun, informasi itu baru dirilis kementerian itu Senin kemarin.

Pesawat jet pembom Tu-95 Rusia yang oleh NATO dikenal sebagai “Bear” semula terlihat di atas Selat Korea, sebuah wilayah antara Korea Selatan dan Jepang. Kemudian dicegat pesawat tempur F-15 Jepang dan dikawal untuk menjauh dari kawasan Selat Korea yang terkenal sebagai kawasan sibuk itu.

Setelah insiden itu, pesawat jet bomber Rusia kembali terlacak terbang ke arah utara dari Laut China Timur. Namun, pesawat jet Rusia itu dicegat pesawat tempur Jepang sebelum menyeberang ke Kepulauan Kuril, wilayah yang jadi sengketa. Selama ini, Rusia, Korea Utara, Korea Selatan dan Jepang berbagi wilayah garis pantai di Laut Jepang.

Dua manuver di dekat wilayah Jepang itu menambah daftar manuver pesawat jet Rusia yang sebelumnya kerap terjadi di kawasan Baltik. Menurut laporan Reuters, Angkatan Udara Jepang sudah mencegat pesawat tempur Rusia sebanyak 369 kali dalam tiga bulan terakhir sejak tahun 2014.

Militer Jepang juga melakukan hal yang sama terhadap pesawat jet tempur China. ”Dengan hanya tiga perempat dari data yang tersedia, kita belum bisa mengatakan apakah itu akan menjadi tahun rekor (pencegatan pesawat jet Rusia),” bunyi pernyataan Layanan Angkatan Udara Pertahanan Jepang yang disampaikan seorang juru bicara kepada wartawan, yang dilansir IB Times.


Credit  SINDOnews