Jumat, 21 September 2018

Pesawat Inggris dan Prancis Cegat Jet Bomber Rusia di Laut Utara



Pesawat Inggris dan Prancis Cegat Jet Bomber Rusia di Laut Utara
Pesawat jet pembom Blackjack Rusia diintersepsi jet tempur Typhoon Inggris di atas Laut Utara, Kamis (20/9/2018). Foto/Kementerian Pertahanan Inggris

LONDON - Pesawat jet tempur Inggris dan pesawat tanker Prancis mencegat atau mengintersepsi dua pesawat jet pembom (bomber) Blackjack Rusia di atas Laut Utara, pada Kamis (20/9/2018) sore. Intersepsi dilakukan setelah dua pilot pesawat pembom itu menolak berbicara dengan petugas kontrol lalu lintas udara Inggris.

Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris mengirim dua jet tempur Typhoon ke kawasan pantai di lepas pantai Newcastle. Dua pesawat pembom Blackjack Moskow dilaporkan telah melintasi berbagai wilayah udara internasional yang telah dipantau oleh para mitra NATO.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dua jet tempur Typhoon dan pesawat tanker Airbus Voyager dikirim dari pangkalan Lossiemouth RAF di timur laut Skotlandia tepat sebelum pukul 15.00 sore.

"Jet-jet itu dikerahkan karena jet-jet bomber jarak jauh Blackjack dari Rusia menolak berbicara dengan (petugas) kontrol lalu lintas udara, membuat mereka berbahaya bagi semua penerbangan lainnya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Pembom Rusia yang menyelidiki wilayah udara Inggris adalah pengingat lain dari tantangan militer yang sangat serius yang Rusia ajukan pada kita hari ini," kata Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson.

"Kami tidak akan ragu untuk terus mempertahankan langit kami dari tindakan agresi. Sekali lagi reaksi cepat RAF kami telah menunjukkan betapa pentingnya Angkatan Bersenjata kami dalam melindungi Inggris," ujarnya, seperti dikutip Sky News, Jumat (21/9/2018).

"RAF bekerja erat dengan mitra NATO ketika jet-jet (Rusia) itu menuju ke Inggris sebelum mereka diadang oleh RAF di atas Laut Utara," imbuh seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

"Jet-jet RAF mengawal pembom Rusia keluar dari wilayah kepentingan Inggris. Tidak pernah ada pembom Rusia memasuki wilayah udara kedaulatan Inggris."

Setelah sekitar setengah jam, dua jet tempur RAF dan pesawat tanker Prancis kembali ke pangkalan. Sekitar 15 menit kemudian pesawat tanker Inggris mengikutinya.

Militer Rusia belum berkomentar atas intersepsi kedua pesawat pembom-nya di atas Laut Utara. 




Credit  sindonews.com