Jumat, 21 September 2018

AL Inggris Beri Kapal Spanyol Tembakan Peringatan di Gibraltar



AL Inggris Beri Kapal Spanyol Tembakan Peringatan di Gibraltar
Angkatan Laut Inggris menembakkan suar peringatan setelah kapal Spanyol berlayar terlalu dekat. Foto/Istimewa
LONDON - Angkatan Laut (AL) Inggris terpaksa menembakkan suar peringatan ke kapal Spanyol setelah berlayar terlalu dekat dengan kapal selam nuklir Inggris di Gibraltar. HMS Talent meninggalkan pelabuhan Inggris dengan pengawalan polisi ketika sebuah kapal patroli dari Spanish Guarda Civil mendekati kapal selam pemburu yang tela diisi dengan rudal.

Dilaporkan angkatan laut Inggris dipaksa untuk bertindak ketika peringatan radio berulang kali untuk mundur diabaikan.

“Insiden berbahaya hari ini yang melibatkan HMS Talent sangat disesalkan," ujar Menteri Kepala Gibraltar Fabian Picardo.

"Kejadian ini berfungsi untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya mengikuti aturan navigasi dan mengenali yurisdiksi masing-masing yang beroperasi berdampingan satu sama lain di Teluk Gibraltar," imbuhnya seperti dikutip dari laman The Sun, Jumat (21/9/2018).

Menurut laporan, kapal selam HMS Talent baru saja dimuat dengan rudal Tomahawk ketika insiden itu terjadi.

Kapal selam ini dapat menampung hingga 30 rudal Tomahawk yang mematikan yang mampu melenyapkan target di darat.

Gambar-gambar dramatis yang dirilis menunjukkan saat angkatan laut Inggris menembakkan suar ke kapal Spanyol yang mendekat sebelum kapal itu mundur.

Tidak jelas apa yang HMS Talent lakukan di Mediterania tetapi berlayar ke Gibraltar pada 8 September.

“Masalahnya harus diangkat pada tingkat tertinggi. Kami menunjukkan kemampuan kami untuk bekerja sama pada sesuatu yang serumit negosiasi Brexit," Picardo menambahkan

"Kita pasti bisa mendapatkan tindakan bersama-sama dalam hal yang lebih membosankan dari masing-masing badan kita yang menavigasi perairan Teluk yang padat," tukasnya.

Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan kepada The Sun: "Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa ada serangan oleh sebuah kapal negara Spanyol ke wilayah perairan Gibraltar Britania sore ini ketika kapal selam Inggris meninggalkan Gibraltar."

“Ini sebuah tantangan yang tidak pantas dan akan diprotes ke Pemerintah Spanyol," sambungnya. 

"Angkatan Laut Inggris menentang semua penyerangan maritim yang melanggar hukum ke wilayah perairan Gibraltar Britania Raya," katanya.

"Kami mendukung ini dengan membuat protes diplomatik resmi kepada Pemerintah Spanyol," tukasnya.

Ini bukan kejadian pertama kali. Pada bulan Juli lalu, kapal Angkatan Laut Kerajaan mencegat kapal perang Spanyol di Gibraltar, sebelum mengejarnya kembali ke perairan internasional.



Credit  sindonews.com