Kamis, 12 Maret 2015

Rusia: Kami Berhak Taruh Senjata Nuklir di Crimea


Rusia Kami Berhak Taruh Senjata Nuklir di Crimea
Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan Crimea sudah menjadi bagian dari Rusia. Jadi, Rusia memiliki hak untuk mengirimkan atau menaruh senjata apapun di wilayah tersebut. Foto: istimewa
 
MOSKOW (CB) - Kementerian Luar Negeri Rusia segera merespon pemberitaan yang menyebut mereka telah menaruh sebagian senjata nuklir di wilayah Crimea. Kementerian itu menyatakan, sampai saat ini pihaknya belum berencana untuk melakukan pengiriman ke wilayah itu.

Namun, seperti dilansir Reuters pada Rabu (11/3/2015), menurut Kementerian itu seharusnya pengiriman senjata ini tidaklah menjadi masalah, sebab tersebut.

"Saya tidak tahu apakah pihak kami sudah menaruh senjata itu di Crimea, atau baru berencana untuk melakukan itu segera. Tapi, para prinsipnya Rusia memiliki hak untuk melakukan hal itu," ucap seorang pejabat kementerian itu, Mikhail Ulyanovsk dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan Ulyanovsk sendiri ada benarnya, mengingat Crimea sejatinya sudah bergabung dengan Federasi Rusia tidak lama setelah mereka memutuskan untuk melepaskan diri dari Ukraina melalui referendum pada pertengahan tahun 2014 lalu.

Rusia memang diketahui beberapa kali melakukan latihan militer dan menempatkan senjata di wilayah Crimea. Lokasinya yang strategis menjadikan wilayah itu salah satu basis militer Rusia di wilayah Laut Hitam.



Credit SINDOnews