Kamis, 12 Maret 2015

NATO: Rusia Gunakan Gencatan Senjata untuk Latih Separatis


NATO Rusia Gunakan Gencatan Senjata untuk Latih Separatis
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Foto: Reuters
 
 
MONS (CB) - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kembali melemparkan tuduhan kepada Rusia terkait konflik di Ukraina. Dirinya menyatakan, Rusia menggunakan jeda gencatan senjata untuk memberikan pelatihan militer kepada kaum separatis.

Bukan hanya melatih separatis, Stoltenberg juga menyebut Rusia terus memberikan alat-alat dan kendaraan tempur kepada kaum separatis. Dugaan ini sejalan dengan apa yang diutarakan oleh Kiev, dimana mereka mengatakan separatis sedang mengumpulkan alat-alat dan kendaraan termpur, sembari mempersiapkan diri untuk melakukan serangan lanjutan.

"Kami  masih melihat adanya dukungan yang kuat dari Rusia untuk separatis di timur Ukraina. Kami lihat pengiriman peralatan militer, dan pelatihan militer dan kami juga masih melihat pergerakan pasukan Rusia di Ukraina," ucap Stoltenberg, seperti dilansir Reuters, Rabu (11/3/2015).

Pemimpin NATO itu mendesak Rusia untuk menghormati perjanjian Minsk dan menghormati gencatan senjata yang saat ini tengah berlangsung di Ukraina timur. Dia meminta Rusia untuk segera menarik diri dari wilayah Ukraina.

"Oleh karena itu kami meminta Rusia untuk segera menarik semua pasukannya dari timur Ukraina dan menghormati kesepakatan Minsk," Stoltenberg menambahkan.


Credit  SINDOnews