Senin, 09 Maret 2015

Pertamina Disetujui Kelola Blok Mahakam


Pertamina Disetujui Kelola Blok Mahakam

LHOKSEUMAWE  (CB) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, pemerintah sudah memutuskan untuk menyerahkan pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur kepada PT Pertamina (Persero).
Blok tersebut akan habis kontrak pada tahun 2017 dan saat ini masih dikelola oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation.
"Semua pihak butuh kejelasan, pemerintah sudah kasih arah jelas, arahnya kasih ke Pertamina," tegas Sudirman di Lhokseumawe, Aceh, Senin (9/3/2015).

 

 
Sudirman menambahkan, namun untuk besarannya persentase masih dalam tahap negosiasi antara Pertamina dengan pengelola blok yang lama. Walaupun Pertamina meminta pengelolaan blok secara 100 persen atau mayoritas, tetapi perusahaan pelat merah tersebut akan menggandeng Total.
"Itu opsi Pertamina (gandeng Total). Kita akan temukan mereka berdua akan diundang. Nanti akan ketemu jalan tengah. Karena Pertamina, Total dan Pemda menginginkan produksi blok tersebut agar berjalan stabil. Kita percaya logika bisnis," papar Sudirman.
Diakui Sudirman, pemilihan partner lama seperti Total merupakan pilihan yang lebih baik, jika harus memilih partner baru untuk mengelola blok tersebut.
"Logikanya cari partner baru butuh waktu, lebih baik yang lama diajak. Termasuk Inpex itu," tukasnya.

Credit  Okezone