Selasa, 24 Maret 2015

Gedung Putih: Pendudukan Israel di Palestina Harus Diakhiri!


Gedung Putih Pendudukan Israel di Palestina Harus Diakhiri
Gedung Putih menyatakan pendudukan Israel di Palestina harus diakhiri. Foto: Reuters.
 
 
WASHINGTON  (CB) - Gedung Putih menyatakan, bahwa pendudukan Israel di wilayah Palestina harus diakhiri. Kebijakan Amerika Serikat (AS) ini mengalami perubahan drastis sejak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu memenangkan Pemilu Israel.

Komentar agar Israel mengakhiri pendudukan di Palestina itu disampaikan Kepala Staf Gedung Putih, Denis McDonough. ”Pendudukan Israel di wilayah Palestina telah berlangsung selama hampir lima dekade dan harus diakhiri!,” kata McDonough dalam pidato di hadapan kelompok lobi Yahudi-Amerika, hari Senin waktu AS.

”Israel tidak dapat mempertahankan kontrol militernya terhadap orang lain tanpa batas waktu,” katanya. ”Sebuah pekerjaan yang telah berlangsung selama hampir 50 tahun harus berakhir, dan orang-orang Palestina harus memiliki hak untuk hidup dan memerintah diri mereka sendiri di negara sendiri,” lanjut dia, seperti dilansir Russia Today, Selasa (24/3/2015).

McDonough menegaskan dukungan untuk solusi dua negara antara Palestina dan Israel sesuai kesepakatan pada tahun 1967, termasuk kesepakatan pertukaran lahan. Kepala Staf Gedung Putih itu ragu bahwa Netanyahu bersedia mematuhi kesepakatan itu.

”Kita tidak bisa hanya berpura-pura bahwa komentar tersebut tidak pernah dibuat, atau bahwa mereka tidak menimbulkan pertanyaan tentang komitmen perdana menteri (Netanyahu) untuk mencapai perdamaian melalui negosiasi langsung,” lanjut McDonough.

McDonough yang merupakan salah satu penasihat Presiden Obama itu menolak anggapan bahwa komentarnya itu sebagai luapan kemarahan secara pribadi terhadap Netanyahu.

Seperti diketahui, hubungan Netanyahu dan Obama sedang mengalami masalah, terutama sejak Netanyahu berkomentar menjelang Pemilu Israel lalu, bahwa dia tidak akan membiarkan pendirian negara Palestina.




Credit  SINDOnews