Rabu, 18 Maret 2015

Bapak Bangsa Singapura Lee Kuan Yew dalam Kondisi Kritis

Bapak Bangsa Singapura Lee Kuan Yew dalam Kondisi Kritis Foto: AFP

  Singapura  (CB), - Bapak bangsa Singapura, Lee Kuan Yew saat ini dalam kondisi kritis. Kondisi kesehatan mantan perdana menteri (PM) pertama negeri Singa itu terus memburuk dikarenakan infeksi. Ini terjadi setelah hampir enam pekan figur berpengaruh Singapura itu dirawat di rumah sakit.

Lee telah dirawat di rumah sakit Singapore General Hospital sejak 5 Februari lalu. Saat ini, pria berumur 91 tahun itu masih berada di ruang ICU dan harus dibantu alat penunjang hidup, serta menerima pengobatan atas penyakit pneumonia parah yang dideritanya. Demikian seperti diberitakan News.com.au, Rabu (18/3/2015).

Meskipun Lee telah mundur dari panggung politik dan publik, namun kondisi kesehatan pendiri Singapura itu tak pernah luput dari perhatian publik. Hingga kini dia masih dipandang sebagai figur berpengaruh bagi pemerintahan PM Lee Hsien Loong, putra sulungnya.

Lee Kuan Yew memimpin Singapura sebagai PM selama 31 tahun sejak negeri itu memisahkan diri dari Malaysia pda 1965 hingga lengser pada 1990. Di bawah kepemimpinannya Singapura menjelma menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Meski banyak dipuji, sosok bapak bangsa Singapura itu tak lepas dari kontroversi. Banyak yang mengkritik gaya kepemimpinan Lee yang otoriter. Sahabat dekat mantan presiden Indonesia Suharto itu, mempertahankan pengaruh di balik layar dengan menjabat sebagai menteri senior dan menteri mentor hingga mundur dari kabinet seusai pemilu 2011.

Saat ini Lee tercatat sebagai salah satu anggota parlemen terlama di dunia, mewakili konstituensi Tanjong Pagar sejak 1955.



Credit  Detiknews