Kamis, 19 Maret 2015

Apa Beda Wakil Panglima & Kasum, Ini Penjelasannya


Apa Beda Wakil Panglima & Kasum, Ini Penjelasannya
Panglima TNI Jenderal Moeldoko melambaikan tangan usai mengikuti pencarian Black box AirAsia QZ8501 di Pangkalan Bun, Kalteng, 12 Januari 2015. AP/Achmad Ibrahim

CB , Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko mengatakan jabatan wakil panglima nanti menggantikan struktur kepala staf umum (Kasum). Selama ini, jabatan di bawah panglima adalah kasum. "Ketika nanti ada wakil panglima, maka kasum tidak akan ada lagi," kata Moeldoko di Kantor Kepresidenan, Rabu 18 Maret 2015.

Jabatan Wakil Panglima TNI sudah ada sejak Orde Baru dan kemudian dibubarkan di era Presiden Abdurrahman Wahid. Menurut Moeldoko, jabatan kasum selama ini hanya berfungsi untuk mengkoordinasikan para asisten TNI. Kasum tak bisa membuat keputusan.

Sedangkan wakil panglima bisa bertindak sebagaimana panglima saat pimpinan lembaga TNI itu berhalangan, seperti berada di luar negeri. "Itulah bedanya," kata Moeldoko sembari menambahkan, wakil panglima diproyeksikan sebagai jenderal bintang empat. "Pengangkatannya melewati fit and proper test di DPR. Yang menunjuk Presiden selaku panglima tertinggi."

Rencana ini disampaikan Moeldoko seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa, 17 Maret 2015. Ini menjadi bagian dari perubahan struktur organisasi di TNI. Di antaranya bakal ada penambahan jabatan pimpinan.Panglima Komando Operasi Angkatan Udara, nantinya, kata Moeldoko, akan menjadi Pangkoops I, II, dan III. Sedangkan, Komando Armada akan menjadi Komando Armada Barat, Timur, dan Tengah. "Wilayah tengah laut bisa di Makassar, udaranya bisa di Sorong," ujarnya.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan perubahan ini harus dilakukan bertahap karena berkaitan dengan rekrutmen dan penganggaran. "Bayangkan angkat satu bintang tiga itu kan bawahannya akan ikut sekian banyak. Ini butuh tambahan infrastruktur, personel, dan sebagainya," ujar Tedjo.

Credit  TEMPO.CO