Kamis, 05 Maret 2015

Pesawat Pengebom Rusia Langgar Wilayah Udara Irlandia


Sebuah pesawat jet milik Rusia dalam sebuah atraksi di Tiongkok - AFP / JOHANNES EISELE
Sebuah pesawat jet milik Rusia dalam sebuah atraksi di Tiongkok - AFP / JOHANNES EISELE
CB, Dublin: Sebuah pesawat dialihkan dan satu lainnya ditunda setelah dua pesawat tipe bomber milik Rusia terbang di wilayah udara Irlandia tanpa izin dan peringatan terlebih dahulu. Demikian dilaporkan Badan Penerbangan Irlandia (IAA), Selasa (3/3/2015).

"Satu penerbangan dari Dublin ditunda dan satu lainnya diubah rutenya untuk memastikan jalurnya terpisah dari dua pesawat Rusia," tulis IAA dalam sebuah pernyataan resmi, seperti diwartakan AFP.

Peristiwa ini diyakini bertepatan saat pesawat jet Inggris RAF Typhoon mengawal dua pesawat Rusia. Ketika itu, kedua pesawat terbang terlalu dekat dengan wilayah udara Inggris.

Penerbangan dua pesawat tanpa izin ini diyakini sebagai aksi pamer kekuatan dari Rusia di tengah konflik Ukraina. Perdana Menteri Inggris David Cameron sempat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin mengganggu integritas wilayah Ukraina.

Otoritas Irlandia menyebut dua pesawat Rusia itu terbang tanpa menghidupkan transponder, sebuah alat yang membantu menara pengawas mengidentifikasi pesawat.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengingatkan bahwa NATO siap merespon segala bentuk agresi dari Rusia. Sejumlah pemimpin dunia juga bertekad merespon keras jika gencatan senjata terbaru di Ukraina dilanggar.

Credit  Metrotvnews.com