Kamis, 19 Maret 2015

Jepang dan Tiongkok Bahas Sengketa Deretan Pulau



Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga - AFP / YOSHIKAZU TSUNO
Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga - AFP / YOSHIKAZU TSUNO
CB, Tokyo: Jepang dan Tiongkok untuk kali pertama mendiskusikan masalah keamanan setelah empat tahun bersitegang atas konflik teritorial.

Dialog pertama sejak Januari 2011 ini digelar di Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo, Kamis (19/3/2015). Diskusi melibatkan petinggi dari kedua negara, termasuk Wakil Menlu Jepang Shinsuke Sugiyama dan Liu Jianchao, asisten Menlu Tiongkok.

"Negara kami memandang dialog ini penting untuk meningkatkan hubungan Jepang dan Tiongkok di bidang keamanan," ucap Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga, seperti diwartakan AFP.

"Melalui dialog ini, kami ingin merasakan adanya rasa kepercayaan antara dua negara, dengan saling berbagi informasi mengenai kebijakan keamanan, pertahanan dan situasi regional," sambung dia.

Tokyo dan Beijing berselisih atas kedaulatan serangkaian pulau tak berpenghuni di Laut Tiongkok Selatan. Jepang menyebutnya sebagai kepulauan Senkaku, sementara Tiongkok Diaoyu.

Hubungan kedua negara memburuk saat Jepang mengklaim beberapa pulau. Sejak saat ini, Beijing menolak mengadakan dialog level tinggi di Tokyo.

Kebekuan diplomasi mulai mencair saat Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Tiongkok Xi Jinping berjabat tangan di forum APEC pada November 2014.






Credit  Metrotvnews.com