Kamis, 05 Maret 2015

Inggris Bangun Bandara untuk Pesawat Antariksa


Inggris Bangun Bandara untuk Pesawat Antariksa  
Ilustrasi konsep bandara pesawat antariksa yang akan dibangun pemerintah Inggris. (Dok. www.gov.uk)
 
Jakarta, CB -- Pemerintah Inggris telah mendukung rencana pembangunan sebuah bandara untuk pesawat antariksa yang pertama di benua Eropa. Menurut rencana, fasilitas ini akan beroperasi pada 2018.

Pembangunan bandara ini diharapkan mampu menawarkan wisata ruang angkasa komersial dan penerbangan internasional dengan pelayanan premium.


Lokasi bandara sedang dipertimbangkan. Saat ini ada lima lokasi yang direkomendasi, antara lain Campbeltown, Glasgow Prestwick, dan Stornoway di Skotlandia, lalu Newquay di Inggris dan Llanbedr di Wales.

Rencana pembangunan bandara pesawat antariksa ini pertama kali diumumkan pada Juli 2014. Menteri Penerbangan Inggris, Robert Goodwill berharap bisa menjadikan negaranya sebagai salah satu pemimpin dunia dalam perjalanan ruang angkasa komersial.

"Membangun bandara pesawat antariksa akan memastikan kami berada di garis depan teknologi baru yang menarik," kata Goodwill. Pemerintah berencana menjalin kerja sama dengan maskapai yang punya program penerbangan antariksa seperti SpaceX dan Virgin Galactic.

Dalam waktu dekat, Departemen Transportasi Inggris akan mengumpulkan spesifikasi kebutuhan untuk bandara antariksa, sebelum membuka tender kepada pihak swasta.

Credit  CNN Indonesia