Senin, 23 Maret 2015

Australia "Buang" 15 Imigran Gelap ke Indonesia

Australia
15 imigran gelap ditemukan terlantar (Foto: ilustrasi) 


SUKABUMI  (CB)- Sebanyak 15 imigran gelap asal Irak, Nepal, dan Bangladesh dikirim ke Indonesia setelah sebelumnya berada di Australia selama tiga hari.
Informasi yang diperoleh, 15 imigran gelap itu terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Mereka ditemukan terdampar di sebuah hutan di wilayah Cikepuh, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, dengan kondisi yang memprihatinkan.
Salah satu imigran gelap asal Bangladesh bernama Muhamad Belayet mengatakan bahwa mereka sebelumnya berangkat dari Garut, Bogor, dan Jakarta untuk menuju Pulau Christmas, Australia. Namun setelah tiga hari berada di Australia, 15 imigran ini kembali dikirim ke Indonesia dengan pengawalan ketat petugas keamanan Australia.
Selanjutnya selama digiring kembali ke Indonesia, akhirnya kapal mereka terdampar di kawasan hutan yang berada di Cikepuh. Sementara sang kapten asal Indonesia yang semula membawa para imigran ini kabur. Padahal mereka mengungkapkan telah membayar kepada para calo hingga ratusan juta rupiah.
Sementara itu, Kepala Seksi dan Penindakan Keimigrasian, Markus Lenggo, mengatakan tidak dapat melakukan deportasi karena mereka adalah pengungsi. Untuk sementara, mereka ditampung di Rumah Detensi Imigrasi Sukabumi sambil menunggu pihak International Organization Migran (IOM) Jakarta.





Credit  Okezone.com