Selasa, 17 Februari 2015

Iran Bantah Khamenei Respon Positif Ajakan Obama Perangi ISIS




Iran Bantah Khamenei Respon Positif Ajakan Obama Perangi ISIS 
 Iran membantah laporan Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut pemimpin tertingginya, Ayatollah Ali Khamenei, menanggapi positif surat ajakan Presiden AS Barack Obama untuk bekerjasama memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). (AFP PHOTO/ATTA KENARE)
 
 
Jakarta, CB -- Iran membantah laporan Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut pemimpin tertingginya, Ayatollah Ali Khamenei, menanggapi positif surat ajakan Presiden AS Barack Obama untuk bekerjasama memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Belum ada surat baru dari sisi Iran," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Marzieh Afkham, yang dikutip Reuters dari kantor berita resmi IRNA.
"Klaim yang dibuat oleh Wall Street Journal adalah permainan media yang tidak profesional," lanjut Afkham.

Sebelumnya, WSJ mengutip seorang diplomat Iran, yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan Khamenei melalui surat tanggapan menaruh "hormat" atas ajakan Obama tersebu meskipun tanpa ada komitmen.

Meskipun bermusuhan selama beberapa dekade, Amerika Serikat dan Iran memiliki kepentingan strategis untuk menekan ISIS yang telah mengancam kelangsungan negara Irak.

Di Suriah, kaum Syiah Iran yang merupakan sekutu utama Presiden Bashar al-Assad, tidak ingin melihat kemenangan milisi Sunni radikal ISIS, yang datang untuk mendominasi pemberontakan anti-Assad.

Para pejabat Iran pada November 2014 mengakui bahwa Teheran telah menjawab surat dari Obama, meskipun tidak jelas siapa yang secara khusus menanggapi.

Credit  CNN Indonesia