Jumat, 04 November 2016

Bom Sukhoi Buatan Subang, Daya Ledak Seluas Lapangan Bola



Bom Sukhoi Buatan Subang, Daya Ledak Seluas Lapangan Bola
Foto: Ardan Adhi Chandra

Jakarta - PT Dahana (Persero) sebagai salah satu BUMN industri strategis sudah lama dikenal sebagai produsen bahan peledak. BUMN yang berkantor pusat di Subang, Jawa Barat ini memproduksi bahan peledak untuk kebutuhan pertambangan migas, pertambangan umum, hingga bahan peledak untuk kebutuhan pertahanan dan keamanan.
Dalam pameran Indodefence di JIExpo Kemayoran, Dahana turut memamerkan salah satu produk unggulannya, yaitu bom P 100 LIVE untuk pesawat Sukhoi. Bom P 100 LIVE ini dibuat khusus untuk kebutuhan miiter Indonesia.
"Bom P 100 LIVE atau biasa disingkat P 100 L. Kita support buat Sukhoi buat TNI Angkatan Udara buat militer," jelas Public Relation Dahana, Yustinus Sudarminto kepada detikFinance dalam pameran Indodefence di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (3/11/2016).
Bom Sukhoi Buatan Subang, Daya Ledak Seluas Lapangan BolaFoto: Ardan Adhi Chandra

Saat ini, produksi bom Sukhoi buatan Dahana masih khusus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Beberapa negara telah menunjukan ketertarikannya untuk membeli bom ini, namun Dahana masih fokus untuk mencukupi kebutuhan pertahanan di dalam negeri.
"Ada negara lain minat, tapi kita keep buat sendiri. Seperti Australia dan Timor Leste itu minat," ujar Yustinus.
Bom Sukhoi Buatan Subang, Daya Ledak Seluas Lapangan BolaFoto: Ardan Adhi Chandra

Bom Sukhoi ini digunakan untuk kebutuhan perang dengan cara menjatuhkannya ke sasaran musuh. Daya ledak bom P 100 LIVE bisa menghancurkan bangunan dengan radius setara satu lapangan sepak bola.
"Radius ledakan satu stadion bisa hancur semuanya mulai dari rumah dan bangunan lainnya," kata Yustinus.




Credit  detikFinance