Rabu, 07 September 2016

AS Sebar Sistem Roket HIMARS di Perbatasan Turki-Suriah

 
AS Sebar Sistem Roket HIMARS di Perbatasan Turki Suriah
AS tempatkan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau HIMARS di wilayah perbatasan Turki-Suriah. | (Istimewa)
 
ANKARA - Media Turki, Hurriyet Daily News mengabarkan, sekitar 50 tentara Amerika Serikat (AS) telah tiba di dekat perbatasan Turki dengan Suriah. Mereka ditempatkan di wilayah itu untuk mengoperasionalkan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau HIMARS dalam rangka memerangi ISIS.

"Sistem roket HIMARS telah dikerahkan di dekat sistem rudal pertahanan Angkatan Bersenjata Turki di wilayah Almalitepe provinsi tenggara dari Gaziantep," kata laporan itu seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (6/9/2016).

Sistem ini membawa total enam roket yang dipandu dengan jarak tembak mencapai 60-100 kilometer dan mempunyai kemampuan mobilitas yang cepat. Belum diketahui sejak kapan sistem roket tersebut ditempatkan di wilayah perbatasan.

Sebelumnya, Kedutaan Besar AS di Ankara mengatakan bahwa pasukan AS telah membombardir basis ISIS di dekat perbatasan Turki dengan Suriah menggunakan HIMARS. Kedutaan AS menggambarkan perkembang itu sebagai langkah terbaru dalam kerjasama AS-Turki dalam memerangi ISIS.

Meskipun penyebaran sistem HIMARS telah menjadi agenda Ankara, namun AS membutuhkan waktu selaman enam bulan untuk memenuhi kesepakatan tersebut seperti diberitakan Daily Sabah.




Credit  Sindonews