Jumat, 30 September 2016

Dalam Sebulan, Serangan Koalisi AS Tewaskan 18 Pentolan ISIS

 
Dalam Sebulan, Serangan Koalisi AS Tewaskan 18 Pentolan ISIS
Serangan pasukan koalisi AS menewaskan belasan pemimpin ISIS. | (Istimewa)
 
WASHINGTON - Sedikitnya 18 pemimpin dari kelompok teroris ISIS tewas selama serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada bulan lalu di Suriah dan Irak. Para teroris yang tewas termasuk tiga pejuang asing asal Chechnya yang mendukung operasi ISIS di kota Irak, Mosul.

"Dalam 30 hari terakhir saja, serangan koalisi AS telah menewaskan 18 pemimpin ISIS yang mendukung operasi musuh di Irak dan Suriah," kata juru bicara operasi pasukan koalisi John Dorrian seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (30/9/2016).

Dorrian juga menyatakan pasukan koalisi telah menewaskan Abu Jannat, wakil militer "emir" kelompok ekstrimis itu yang bertanggung jawab untuk pembuatan senjata kimia dan yang bertanggung jawab atas pertahanan kota Mosul.

Serangan koalisi juga menewaskan menteri informasi ISIS yang dikenal sebagai Dr. Wail dan  "emir" dari polisi militer timur Mosul Abu Bakar.

ISIS merebut dan menguasai Mosul, salah satu kota terbesar Irak, sejak tahun 2014. Amerika Serikat telah berulang kali menyatakan dukungannya bagi pemerintah Irak untuk merebut kembali Mosul.

Dukungan AS di wujudkan dalam bentuk pengerahan pasukan untuk membantu mempersiapkan tentara Irak melaksanakan serangan untuk membebaskan kota itu dari kelompok teroris. Irak berencana akan melakukan serangan pada minggu kedua bulan Oktober nanti.




Credit  Sindonews