Kamis, 29 September 2016

Suka Duka Susi Selama Dua Tahun Menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan





Suka Duka Susi Selama Dua Tahun Menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan
Foto: Eduardo Simorangkir

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini menggelar diskusi santai bersama para awak media di kantornya, Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Rabu (28/9/2016). Susi datang sekitar pukul 16.50, dengan menggunakan busana serba merah, dengan sepatu hak tinggi berwarna serupa.

Selama berdiskusi, wanita yang kerap mendengungkan perlawanan kepada penangkapan ikan secara ilegal ini bercerita mengenai suka duka nya selama menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, juga dengan segala kebijakan yang ia perbuat. Menurutnya, adalah sesuatu yang menyenangkan dapat membuat suatu perubahan yang selama ini tidak pernah terpikirkan, meskipun dengan bekal pendidikan minim yang ia miliki.

"Senangnya ya bisa do something big yang unthinkable, unbelieveble. Kalau jenderal bintang 3 atau 4 Angkatan Laut saja, nggak percaya laut Indonesia bisa sepi, itu dulu pasar malam puluhan pulau, sekarang tidak ada lagi. Ya senang dengan achievement seperti itu. Senang, Presiden kok berani sama saya yang cuma lulusan SMA kelas 2. Itu juga suatu kegembiraan," tutur dia.

Selama ini, disinyalir banyak pihak yang menginginkan Susi untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri, oleh karena terobosan yang dibuatnya. Menurutnya, jawaban terbaik hanya berbuat yang terbaik yang ia miliki. Ia pun menampik ada anggapan, dirinya masih dipertahankan di jajaran kabinet oleh kekayaan yang ia miliki.

"Yang saya ingat beliau (Presiden) ambil saya karena kegilaan yang saya punya. Dan kegilaan kan relatif, tergantung dari sisi mana lihatnya. Kalau saya bilang, Indonesia yang gila, saya yang waras. Wong hal-hal nggak benar dibiarin bertahun-tahun kan gila. Saya yang benar, karena saya hal seperti itu nggak benar. Jadi bukan Susi yang gila, Indonesia yang gila," katanya.

Wanita yang kerap tampil blak-blakan dan apa adanya dalam mengurus hal-hal yang tidak beres ini, seolah tidak pernah merasa takut menghadapi musuh-musuhnya. Susi dinilai sebagai menteri yang pemberani. Ia berkali-kali menenggelamkan kapal asing yang ketahuan mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia.

"At the end of the day, apresiasi terhadap what we do itu bukan dari your education or your money, tapi the way you are," ujar Susi dengan penuh semangat.

Selama ini, wanita pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini juga terkenal dengan penampilan yang nyentrik. Susi mengungkapkan, bahwa ia hanya mencoba untuk berpenampilan apa adanya.

"Saya dari dulu begini mau ketemu siapa saja. Presiden, Menteri ya begini. Biasa saja. Tidak punya perasaan minder walaupun pendidikannya rendah. Jalan mau cepat ya buka sepatu. Apa karena saya menteri saya harus tersiksa jadi Menteri," ucapnya.

"Kalau pas mau rapi ya rapi. Pokoknya senang hati saja. Saya punya prinsip tidak mau suffer from unnecessary matter. Banyak perempuan mau suffer for the beauty. Tapi hari ini mau coba saja pakai baju merah, sedikit rapi," tambahnya.



Credit  detikFinance