Rabu, 25 Maret 2015

ADB: India Akan Salip Pertumbuhan Cina


ADB: India Akan Salip Pertumbuhan Cina

REUTERS/Parivartan Sharma

CB, New Delhi - Bank Pembangunan Asia (ADB) memprediksi pertumbuhan India akan mengungguli Cina. Perekonomian India, menurut perkiraan ADB, akan bertumbuh 7,8 persen, sedangkan Cina hanya 7,2 persen.

“Tak hanya tahun ini, tapi juga untuk beberapa tahun mendatang,” ujar ekonom ADB, Shang-Jin Wei. Perombakan regulasi berbelit, menurut IDB, berhasil menarik minat investor cukup signifikan.

Wei menambahkan, selain memangkas birokrasi, sikap ramah investor yang diterapkan India juga diperkuat dengan perombakan kebijakan fiskal yang membuat India semakin kompetitif.

Menurut ekonom senior ADB, Abhijit Sen Gupta, laju pertumbuhan India semakin kuat karena kebijakan moneter yang longgar. Di lain pihak, perlambatan Cina tak bisa dihindarkan lagi karena faktor mendinginnya pasar properti, lesunya aktivitas industri, dan pelemahan investasi yang terjadi.

"Jika pertumbuhan India diprediksi semakin cepat pada periode berikutnya sebesar 8,2 persen, pertumbuhan Cina justru diperkirakan semakin lambat ke 7 persen," katanya.

Dengan prediksi pertumbuhan 7,2 persen pada tahun ini, maka rapor ini akan menjadi yang terburuk selama 24 tahun terakhir. Namun, secara global, perlambatan yang dialami Cina tersebut masih lebih baik ketimbang negara-negara yang bahkan bertumbuh sampai 8,5 persen sebelum krisis finansial global terjadi.




Credit  TEMPO.CO