Kamis, 09 Februari 2017

Rusia Tangkap 9 Hacker Top Pembobol Rp226 Miliar Uang Bank


 
Rusia Tangkap 9 Hacker Top Pembobol Rp226 Miliar Uang Bank
Salah satu anggota kelompok hacker top Rusia yang dituduh membobol uang bank senilai Rp226 miliar ditangkap aparat berwenang Rusia. Foto / You Tube
 
MOSKOW - Aparat Kementerian Dalam Negeri Rusia menangkap sembilan tersangka kelompok cybercrime yang dituduh terlibat pembobolan uang bank senilai USD17 juta atau sekitar Rp226 miliar. Para hacker top ini beraksi membobol uang bank lewat serangan cyber sejak 2013.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia Irina Wolf mengatakan sembilan tersangka hacker ditangkap bulan lalu dalam sebuah operasi yang dipimpin Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia di lima wilayah; Moskow, Saint Petersburg, Krasnodar Region, Tver dan Sverdlovsk.

”Pada awal 2017 (kelompok) ini didirikan anggota dari kelompok yang terorganisir yang juga terlibat dalam kegiatan ilegal dan diduga terlibat dalam serangan hacker,” katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Itar-Tass, Kamis (9/2/2017).

Menurut kementerian itu, kelompok hacker top ini  juga berhasil menembus ”infrastruktur kritis” Rusia termasuk situs militer. Tapi, pihak kementerian tak menjelaskan seberapa dampak dari serangan para hacker.
Pengumuman penangkapan sembilan hacker ini muncul setelah ada 50 penangkapan terhadap orang-orang yang diduga hacker kriminal, yang diintai sejak Mei tahun lalu.

Ruslan Stoyanov, kepala penyelidikan di Kaspersky Lab, sebuah entitas yang membantu penyelidikan cybercrime, mengatakan bahwa timnya menyadari ada kelompok hacker yang membuat ancaman serius.

“Ahli perusahaan kami menganalisa perangkat lunak berbahaya dan mengidentifikasi jaringan komputer dan server hacker. Berbekal pengetahuan dari polisi Rusia, (kami) bisa mengidentifikasi tersangka dan mengumpulkan bukti kejahatan yang telah dilakukan,” katanya.



Credit  sindonews.com