Jumat, 19 Oktober 2018

Lawan Cina, Taiwan Incar Senjata Canggih dari Amerika



Meriam utama tank M1A2 Abrams adalah 120 mm L/44 M256A1 smoothbore (42 putaran). M1A2 juga dilengkapi dengan senapan mesin berat Browning M2 kaliber 12,7 mm  dan senapan mesin M240 kaliber 7,62 mm. The commander's station is equipped with six periscopes, providing a 360 view. Commander's Independent Thermal Viewer (CVIT) buatan Raytheon, Jerman, membuat komandan dan melihat luat secara stabil, siang dan malam dengan sudut 360 derajat. CVIT juga memindai secara otomatis, memberikan isyarat letak target kepada penembak, kontrol penembakan. Chung Sung-Jun/Getty Images
Meriam utama tank M1A2 Abrams adalah 120 mm L/44 M256A1 smoothbore (42 putaran). M1A2 juga dilengkapi dengan senapan mesin berat Browning M2 kaliber 12,7 mm dan senapan mesin M240 kaliber 7,62 mm. The commander's station is equipped with six periscopes, providing a 360 view. Commander's Independent Thermal Viewer (CVIT) buatan Raytheon, Jerman, membuat komandan dan melihat luat secara stabil, siang dan malam dengan sudut 360 derajat. CVIT juga memindai secara otomatis, memberikan isyarat letak target kepada penembak, kontrol penembakan. Chung Sung-Jun/Getty Images

CB, Taiwan – Formosa Alliance bakal menggelar parade kemerdekaan Taiwan secara besar-besaran pada Sabtu, 20 Oktober 2018, untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Taiwan dan Cina berpisah sejak 1949.

Acara ini ditargetkan bakal diikuti sekitar 100 ribu warga. Dua orang bekas Presiden Taiwan menjadi pendukung acara yaitu Lee Teng-hui dan Chen Shui-bian.
“Setiap orang Taiwan harus menentukan masa depan negara ini. Itu harus diputuskan oleh sekitar 24 juta warga Taiwan bukan oleh Cina atau Xi Jinping,” kata Kuo Pei-horng, yang menjadi pimpinan aliansi pro kemerdekaan.

 
Menyusul meningkatnya ketegangan antara Cina dan Taiwan, seorang pejabat Pentagon mengatakan Amerika Serikat mulai menjalin hubungan militer yang lebih normal dengan Taiwan. Ini untuk mendukung peningkatan kemampuan teknologi pertahanan Taiwan terkait klaim Cina.
Randall Schriver, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Keamanan Asia dan Pasifik, mengatakan pemerintahan Presiden Donald Trump bakal mendorong lebih banyak penjualan senjata ke Taiwan, yang bersengketa sengit dengan Cina.

 
Misalnya, US berencana menjual sekitar US$330 juta atau sekitar Rp 5 triliun senjata ke Taiwan. Berikut ini sejumlah senjata canggih buatan AS yang diincar Taiwan, seperti dilansir Business Insider:
  1. Teknologi Kapal Selam dan Sistem Persenjataan
Taiwan berupay membeli sejumlah senjata canggih ini untuk memutakhirkan armada kapal selam dan membangun kapal selam sendiri. AS membantu Taiwan untuk membangun kapal selam perang berbasis mesin diesel.
  1. Jet Tempur F-35


Pesawat tempur canggih generasi ke-5 ini buatan Lockheed Martin, yang memiliki satu kursi dan satu mesin, dan mampu terbang dalam berbagai kondisi atau multi-role fighter. Jet ini menjadi andalan AS untuk menangkal serbuan udara serta memiliki radar aperture sintetis supercanggih. Menhan Taiwan, Yen Teh-fa, mengatakan Taiwan akan membeli satu paket jet tempur ini dari AS.

 
  1. M1A2 Abrams
Ini merupakan tank tempur generasi ketiga AS, yang cocok untuk mengganti armada tank tua milik Taiwan.
Saat ini, mayoritas tank tua atau jadul milik Taiwan berjenis M60 dan M48 buatan AS.

 
Sejak lama Taiwan berkeinginan membeli tank M1A2 Abrams untuk meningkatkan kemampuan tempur. Taiwan berminat membeli 108 model tank baru ini untuk bersiap menghadapi Cina.




Credit  tempo.co