Jumat, 26 Oktober 2018

Rusia Menyangkal Telah Melanggar Perjanjian INF


Rusia Menyangkal Telah Melanggar Perjanjian INF
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. Foto/Istimewa

MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia membantah tuduhan Amerika Serikat (AS) bahwa Washington meninggalkan perjanjian persenjataan nuklir atau yang dikenal sebagai Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) karena pelanggaran oleh Moskow.

"Kami tegaskan bahwa Rusia secara ketat mengamati klausul perjanjian itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (26/10/2018).

Zakharova mengatakan bahwa AS berusaha membuatnya tampak seperti pernyataan baru-baru ini tentang penarikan dari perjanjian itu diprovokasi oleh pelanggaran Rusia, yang benar-benar tidak dapat diterima karena Washington tidak menghasilkan bukti untuk memperkuat klaim mereka.

Pada hari Sabtu, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Washington akan menarik diri dari perjanjian INF karena dugaan pelanggaran perjanjian Rusia.

Zakharova mengatakan bahwa Rusia telah melihat dalam beberapa tahun terakhir pelanggaran perjanjian itu oleh AS sendiri dan telah memperingatkan Washington tentang hal itu.

"Jauh sebelum mengumumkan niatnya untuk menarik diri dari perjanjian itu, Washington meluncurkan program militer konkret dengan dalih palsu, yang jika dilanjutkan, akan bertentangan tidak hanya perjanjian INF," ungkap Zakharova.

"Dan jumlah proyek seperti Washington terus bertambah," tambahnya.

"Sebuah kesan sedang terbentuk bahwa Amerika Serikat mati-matian mencoba untuk menahan proses sejarah yang tidak di bawah kendalinya dan mencoba untuk mengamankan posisi dominan untuk dirinya sendiri di berbagai bidang termasuk militer," katanya mengakhiri.

Zakharova mengatakan penghancuran perjanjian INF akan menjadi langkah yang sangat berbahaya yang akan berdampak paling negatif terhadap situasi di bidang keamanan internasional dan stabilitas strategis serta penuh dengan risiko menarik seluruh wilayah ke dalam perlombaan senjata baru.

Rusia siap bekerja sama dengan AS untuk mempertahankan kelangsungan perjanjian itu. Namun sejauh ini tampaknya langkah Washington untuk menarik diri dari perjanjian INF sangat ditentukan oleh keengganan tertentu pasukan AS untuk bekerja dengan Rusia atas dasar kesetaraan dan keinginan mereka untuk mendapatkan keuntungan militer.

"Sekarang kami harus memperingatkan Washington dengan cara yang paling serius: jika pihak AS merusak perjanjian itu, Rusia harus bereaksi," tegasnya.

Pada hari Selasa, penasihat keamanan nasional AS John Bolton mengatakan di Moskow bahwa AS akan mengajukan pemberitahuan resmi tentang penarikannya dari perjanjian INF pada waktunya.





Credit  sindonews.com