Kamis, 28 Desember 2017

Lavrov: Kami Punya Daftar Pihak-pihak Pendukung Al-Nusra


Lavrov: Kami Punya Daftar Pihak-pihak Pendukung Al-Nusra
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa kelompok al-Nusra di Suriah mendapatkan bantuan dari pihak luar dan Rusia memiliki daftarnya. Foto/Reuters


MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa kelompok al-Nusra di Suriah mendapatkan bantuan dari pihak luar dan dia menyebut Rusia memiliki daftar pihak-pihak pendukung kelompok pecahan al-Qaeda itu.

Lavrov tidak menyebutkan apakah ada negara yang terlibat dalam memberikan dukungan kepada al-Nusra. Diplomat senior Rusia itu hanya mengatakan pihak-pihak itu memberikan bantuan baik berupa pendanaan, pelatihan, hingga senjata.

"Mereka (al-Nusra) masih melakukan perlawanan, termasuk melalui bantuan eksternal, menurut informasi kami. Tentu saja, tugas anti-teroris utama sekarang adalah mengalahkan al-Nusra juga," kata Lavrov, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (27/12).

Dia kemudian mengatakan tentara Suriah dan sekutunya, dengan dukungan Rusia, memberikan tekanan yang cukup kuat, dari berbagai sisi, kepada al-Nusra.

Di kesempatan yang sama dia juga menyinggung mengenai upaya melawan ISIS di Suriah. Lavrov menuturkan ISIS telah mendapatkan pukulan yang sangat keras dari berbagao pihak, dan perang besar terhadap kelompok itu telah usai.

"Kami melihat perubahan positif di Suriah, sebuah pukulan yang keras dan menentukan terhadap ISIS. Meskipun beberapa militan yang telah melarikan diri dari medan perang mencoba untuk berkumpul kembali di Suriah, atau melarikan diri ke luar negeri, jelas bahwa pertarungan utama sudah selesai," tukasnya. 





Credit  sindonews.com