Jumat, 22 Desember 2017

Menlu Turki: Kami tak akan Biarkan Al-Aqsa Jatuh


Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

CB, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan dalam sidang Majelis Umum PBB, Turki tak akan membiarkan Al-Aqsa jatuh. Turki juga tak akan meninggalkan rakyat Palestina sendiri. 

"Turki tak akan pernih membiarkan Al-Quds jatuh dan meninggalkan rakyat Palestina sendiri. Dunia lebih besar dari hanya lima negara," ujarnya seperti dikutip Anadolu, Kamis (21/12).

PBB menggelar sidang darurat Majelis Umum PBB untuk menentukan sikap atas keputusan Presiden Donald Trump yang memberikan Yerusalem ke Israel, kemarin. Sebanyak 128 negara secara bulat menentang Trump dan mendukung resolusi. Hanya sembilan negara yang mendukung langkah Trump dan 35 lainnya memilih abstain.

"Hari ini kita berbicara tentang Yerusalem, kota dengan tiga agama," ujar Cavusoglu.

Ia menegaskan keputusan Trump untuk mengakui Israel sebagai ibu kota Yerusalem adalah melanggar hukum dan tak sesuai dengan peraturan internasional. Cavusoglu juga menyindir AS yang sempat mengancam negara anggota PBB lain terkait resolusi tersebut.

AS sebelumnya memveto resolusi DK PBB yang menolak pemberian Yerusalem ke Israel. Namun di Majelis Umum PBB, Washington kehilangan hak vetonya.





Credit  REPUBLIKA.CO.ID