Rabu, 27 Desember 2017

Filipina Dihantam Bencana, Negara Asia Ramai-ramai Tawarkan Bantuan


Filipina Dihantam Bencana, Negara Asia Ramai-ramai Tawarkan Bantuan
Ratusan orang diperkirakan tewas akibat tanah longsor dan banjir di Filipina akibat terjangan Topan Tembin. Foto/Istimewa


MANILA - Pemerintah Jepang, China, dan Malaysia telah menawarkan bantuan kepada Filipina. Filipina dihantam Topan Tembin dan kebakaran Davao City Mall, yang menyebabkan ratusan orang tewas dan puluhan lainnya hilang.

Saat menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Presiden Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengungkapkan solidaritas sepenuh hati Jepang kepada Filipina dalam masa-masa sulit.

"Jepang berdiri bersama Filipina dalam mengatasi kesulitan saat ini. Jepang siap memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh negara Anda termasuk penyediaan barang bantuan darurat semaksimal mungkin dan dengan tulus berdoa agar daerah yang terkena bencana pulih secepat mungkin," kata Abe dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Asian Correspondent, Selasa (26/12/2017).

"Saya sangat sedih dan khawatir saat mengetahui berita bahwa banyak kehidupan berharga telah hilang dan kerusakan serius yang terjadi, termasuk rumah yang ambruk, memaksa banyak orang untuk mengungsi, di wilayah Anda di Mindanao dan bagian lain Filipina karena topan baru-baru ini," sambungnya.

Sementara Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga menyampaikan belasungkawa negaranya kepada Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter Cayetano.

"Saya ingin menyampaikan rasa simpati sepenuh hati kepada Yang Terhormat (Cayetano) atas bencana tragis ini," kata Wang.

"Saya yakin bahwa, di bawah kepemimpinan pemerintah Filipina, orang-orang di daerah-daerah yang terkena dampak pasti akan mengatasi bencana tersebut dan memulihkan penghidupan mereka yang normal paling cepat," tukasnya.

Sedangkan Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein dikutip mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) siap memberikan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang terkena dampak Topan Tembi.

"Kepala Angkatan Pertahanan MAF telah diinstruksikan untuk siaga dan mengkoordinasikan penyampaian bantuan kemanusiaan dalam bentuk distribusi makanan dengan mitranya di Filipina," kata Hishamuddin.

"Saya telah menghubungi Sekretaris Menteri Pertahanan Nasional Delfin Lorenzana untuk merujuk pada pengembangan topan dan untuk berbagi simpati serta keprihatinan menteri dan rakyat Malaysia terhadap korban bencana khususnya di daerah Tubod dan Piagapo," imbuhnya.

Petugas penyelamat Filipina masih berjuang untuk mencapai beberapa daerah terpencil yang terkena banjir dan tanah longsor akibat Topan Tembin, karena jumlah korban tewas meningkat menjadi lebih dari 230 orang.

Tingkat kerusakan sepenuhnya hanya menjadi jelas karena daerah yang paling terpencil telah dicapai.

Puluhan ribu orang di Mindanao telah mengungsi akibat badai, yang melanda Jumat malam. 


Filipina dihantam oleh sekitar 20 topan setahun dan peringatan dikeluarkan secara rutin.

Namun pejabat bencana mengatakan bahwa banyak penduduk desa telah mengabaikan peringatan kali ini untuk keluar dari wilayah pesisir dan menjauh dari bantaran sungai.

Pada tahun 2013, topan super Haiyan membunuh hampir 8.000 orang dan menyebabkan 200 ribu keluarga kehilangan tempat tinggal di Filipina tengah.

Negara itu dilanda bencana lain pada akhir pekan ketika kebakaran menyapu sebuah pusat perbelanjaan di kota Davao, menewaskan sedikitnya 37 orang. Kebanyakan dari para korban adalah pekerja di sebuah call center, kata pejabat pemerintah kota.

Wakil walikota di selatan kota Davao, Paolo Duterte, mengatakan bahwa kemungkinan bertahan hidup untuk 37 orang yang hilang di NCC Mall adalah "nol".

Kebakaran tersebut terjadi pada hari Sabtu di sebuah toko furnitur di tingkat tiga mal dan dengan cepat menelan bisnis outsourcing di lantai atas, kata seorang juru bicara pemerintah kota, Teresita Gaspan.

Penyebabnya tidak diketahui namun sebuah penyelidikan diluncurkan saat pihak berwenang mencari mayat korban.


Credit  sindonews.com