Rabu, 08 Maret 2017

Pemimpin Militer Turki, Rusia, AS Bertemu Bahas Irak dan Suriah


 
Pemimpin Militer Turki, Rusia, AS Bertemu Bahas Irak dan Suriah
Pemimpin militer Turki, Rusia, dan Amerika Serikat (AS) mengadakan pembicaraan di kota selatan Turki, Antalya, untuk memnbahas masalah Suriah dan Irak. Foto/Istimewa
 
ANKARA - Pemimpin militer Turki, Rusia, dan Amerika Serikat (AS) mengadakan pembicaraan di kota selatan Turki, Antalya. Pertemuan itu untuk membahas isu-isu regional termasuk Iran dan Suriah.

"Masalah umum yang berkaitan dengan keamanan regional, di Suriah khususnya dan Irak, sedang dibahas pada pertemuan tersebut," kata militer Turki dalam sebuah pernyataan, tanpa menjelaskan lebih lanjut, seperti dikutip dari New Indian Express, Selasa (7/3/2017).

Pertemuan itu dihadiri oleh Kepala Staf Umum Turki Hulusi Akar, Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Joseph Dunford dan Kepala Staf Militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov. Pertemuan ini tampaknya menjadi yang pertama dari jenisnya.

Pertemuan ini juga dikonfirmasi oleh Moskow melalui kementerian pertahanan. "Rencananya akan ada sebuah diskusi bersama mengenai masalah keamanan di Suriah dan Irak pada pertemuan tersebut," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pembicaran ini datang sehari setelah Turki menarik ancaman untuk menyerang pasukan milisi Kurdi Suriah yang dikerahkan ke bekas benteng ISIS di Manbij, Suriah, kecuali bekerja sama dengan Rusia dan AS.

Pertemuan ini juga terjadi ditengah upaya pasukan Irak yang didukung oleh koalisi pimpinan AS membuat kemajuan dalam operasi merebut kembali Mosul dari ISIS.



Credit  sindonews.com