Jumat, 17 Maret 2017

Anggota Parlemen Filipina Serukan Pemakzulan Duterte

 
Anggota Parlemen Filipina Serukan Pemakzulan Duterte
Gary Alejano, seorang anggota Parlemen Filipina menyerukan pemakzulan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/Reuters
 
MANILA -  Gary Alejano, seorang anggota Parlemen Filipina menyerukan pemakzulan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Dia menuturkan, Duterte telah melakukan kejahatan tingkat tinggi, pengkhianatan kepercayaan publik dan penyalahgunaan kekuasaan.

Berbicara saat pertemuan Parlemen Filipina, Alejanjo mengatakan, Duterte sangat layak untuk dimakzulkan atas apa yang dia lakukan. Dia menyebut Duterte sudah melakukan brutal sejak dia menjabat sebagai Walikota Davao.

"Tujuan kami dengan seruan ini adalah untuk mendapatkan kendaraan bagi Filipina untuk memiliki suara untuk menentang dan melawan pelanggaran dan kejahatan Presiden Duterte," kata Alejano, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (16/3).

"Kami tahu itu perjuangan yang berat, tapi kami percaya  banyak akan mendukung hal ini. Apa yang dilakukan Presiden Duterte adalah pelanggaran konstitusi, terlibat dalam penyuapan, pengkhianatan kepercayaan publik, suap dan korupsi dan kejahatan tinggi lainnya," sambungnya.

Seruan ini mendapat respon keras dari pihak Duterte. Juru bicara Duterte, Ernesto Abella mengatakan seruan itu adalah bagian dari plot yang lebih luas yang dibuat lawan politik Duterte untuk melemahkan pemerintahan Filipina saat ini.

"Tampaknya agak dramatis segala sesuatu tampaknya begitu dikoordinasikan pada tahap ini, Sepertinya mereka sedang mengorek bagian bawah dari laras (senjata)," ucap Abella


Credit  sindonews.com