Jumat, 17 Maret 2017

China: Kami Akan Merespon Jika Jepang Kirim Kapal Perang ke LCS

 
China: Kami Akan Merespon Jika Jepang Kirim Kapal Perang ke LCS
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan, kehadiran kapal perang Jepang di Laut China Selatan akan membuat situasi di kawasan tersebut memburuk. Foto/Istimewa
 
BEIJING - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan, kehadiran kapal perang Jepang di Laut China Selatan akan membuat situasi di kawasan tersebut memburuk. Oleh karena itu, lanjut Hua, China akan memberikan respon yang sesuai jika Jepang merealisasikan pengiriman kapal perang tersebut.

"Berdasarkan kepentingannya sendiri, Jepang baru-baru ini telah menciptakan masalah dan polarisasi atas masalah Laut China Selatan," kata Hua dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (16/3).

"Pendekatan ini telah menimbulkan kemarahan dari warga China. Jepang terus melakukan hal ini dan upaya untuk memiliki kehadiran militer di Laut China Selatan menunjukkan ancaman bagi kepentingan China dan meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut. China, tentu saja, akan mengambil tindakan penanggulangan dalam kasus ini," sambungnya.

Dia kemudian menuturkan, situasi di Laut China Selatan membaik dibandingkan dengan tahun lalu karena upaya dari negara-negara regional dan negara-negara di luar kawasan itu harus menghormati upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

"Tokyo bukan pihak yang terlibat dalam sengketa Laut China Selatan, dan Jepang harus merefleksikan sejarah dan menahan diri dari langkah-langkah yang bisa membahayakan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," tukasnya.

Seperti diketahui, Jepang dilaporkan berencana mengirimkan kapal terbesar mereka, yakni Izumo dalam rangka tur selama tiga bulan ke Laut China Selatan pada Mei mendatang. Itu menjadi pertunjukan Angkatan Laut Jepang terbesar ke Laut China Selatan sejak Perang Dunia II. 


Credit  sindonews.com