Rabu, 08 Maret 2017

Pejabat AS Sebut Iran Luncurkan 2 Rudal Balistik


 
Pejabat AS Sebut Iran Luncurkan 2 Rudal Balistik
Pejabat AS mengatakan Iran lakukan uji coba rudal balistik pada akhir pekan lalu. Foto/Istimewa
 
WASHINGTON - Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan Iran melakukan uji coba sepasang rudal balistik pada akhir pekan lalu. Teheran juga mengirimkan kapal serangan cepat dekat dengan kapal Angkatan Laut (AS) AS di Selat Hormuz.

 
Dua pejabat AS mengatakan salah satu uji coba rudal balistik Iran berhasil menghancurkan tongkang sekitar 155 mil jauhnya. Peluncuran dari rudal balistik jarak pendek Fateh-110 adalah tes pertama dari rudal jenis itu dalah dua tahun terakhir seperti dikutip dari Fox News, Selasa (7/3/2017).

Belum diketahui apakah ini adalah tes pertama yang berhasil di laut. Hal ini meningkatkan kekhawatiran untuk AL AS yang mengoperasikan kapal perang di daerah tersebut.

Iran meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dari basis pasukan Garda Revolusi, IRGC, di Bandar-e-Jask, di tenggara Iran. Rudal pertama ditembakkan pada hari Sabtu, tapi tidak mengenai sasaran meskipun mendarat di daerah sekitarnya. Sehari kemudia, Iran melakukan hal yang sama dan berhasil.

Rudal Iran Fateh-110 Mod 3 memiliki sistem sensor yang baru, membantu rudal menemukan kapal di laut. "Ini menjadi perhatian berdasarkan jarak dan bahwa salah satu rudal bekerja dengan baik," kata seorang pejabat, yang meminta anonimitas karena tidak berhak mengungkapkan hal tersebut.




Credit  sindonews.com