Rabu, 22 Maret 2017

Gempa Bisa Tenggelamkan California Hampir 1 Meter Secara Kilat


 
Gempa Bisa Tenggelamkan California Hampir 1 Meter Secara Kilat
Para ilmuwan mencari arang mikroskopis dari sampel lumpur yang dikumpulkan lahan basah Seal Beach. Foto / fullerton.edu
 
LOS ANGELES - Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan memperingatkan bahwa gempa besar bisa membuat daratan California, Amerika Serikat (AS) tenggelam hingga 3 kaki atau hampir 1 meter. Prosesnya bisa terjadi secara kilat, yakni dalam hitungan detik.

Menurut para ilmuwan patahan Newport-Inglewood lebih aktif dari yang diperkirakan sebelumnya.

”Ini bukan hanya tenggelam bertahap. Ini adalah booming. Itu akan anjlok. Ini tenggelamnya sangat cepat,” kata Robert Leeper, ilmuwan penulis utama dari studi baru yang diterbitkan di Nature, yang dikerjakan dengan bantuan US Geological Survey (USGS), kepada LA Times, yang dilansir semalam (21/3/2017).

Tim yang dipimpin Leeper ini mengambil 55 sampel di National Wildlife Refuge Seal Beach di selatan Los Angeles, dengan menenggelamkan pipa 20 kaki. Mereka mengumpulkan sampel sedimen yang awalnya untuk mencari bukti terjadinya tsunami era prasejarah.

Sebaliknya, tim dari Cal State Fullerton ini menemukan pola identik dari vegetasi. ”Kami mengidentifikasi tiga dari lapisan-lapisan ‘terkbur’yang terdiri dari vegetasi atau sedimen yang fungsinya untuk permukaan,” kata Leeper.

”Ini ‘dikuburkan’, lapisan organik yang kaya adalah bukti dari tiga gempa bumi di Newport-Inglewood dalam 2.000 tahun terakhir,” ujarnya.

Gempa bumi besar pernah terjadi sekitar tahun 50 Sebelum Masehi (SM), tahun 200 Sesudah Masehi dan akhirnya pada tahun 1450 Sesudah Masehi.


Credit  sindonews.com