Senin, 27 Maret 2017

India Uji Tembak Rudal dari Kapal Induk di Laut Arab


 
India Uji Tembak Rudal dari Kapal Induk di Laut Arab
Kapal induk INS Vikramaditya yang melakukan uji tembak rudal udara pada hari Rabu lalu. Foto / India Navy
 
NEW DELHI - Angkatan Laut India mengumumkan berhasilan uji tembak rudal udara pertama dari kapal induk INS Vikramaditya. Uji tembak rudal itu berlangsung hari Rabu lalu di Laut Arab.

Angkatan Laut India menyatakan keberhasilan uji tembak rudal itu menandai tonggak utama kemampuan pertahanan India. Rudal ditembakkan terhadap target yang terbang rendah dengan kecepatan tinggi.

”Target itu berhasil bergerak dan dihancurkan,” bunyi pernyataan Angkatan Laut India.

”Rudal ini menandai sebuah tonggak penting dalam memberikan intersepsi udara dan kemampuan pertahanan, sehingga meningkatkan kemampuan operasional kapal induk angkatan laut dan armada (tempurnya),” lanjut pernyataan itu, seperti dikutip The Hindu, semalam (25/3/2017).

INS Vikramaditya adalah satu-satunya kapal induk India dan telah dilengkapi dengan sistem rudal Barak. Kapal tipe Kiev-class ini dibangun pada tahun 1987. Kapal tersebut awalnya melayani Angkatan Laut Soviet dengan nama Baku.

Kapal induk tersebut kemudian berganti nama menjadi Admiral Gorshkov saat melayani Angkatan Laut Rusia. Pada tahun 2004, India membeli kapal induk itu dan diberi nama INS Vikramaditya.



Credit  sindonews.com