Senin, 04 Mei 2015

Pesawat AS Pakai 'Teknologi' Darth Vader


Pesawat AS Pakai 'Teknologi' Darth Vader 
 Mesin pendorong Hall. (Dok. NASA/JPL-Caltech)
 
 
Jakarta, CB -- Angkatan Udara Amerika Serikat rupanya diam-diam sudah mengoperasikan pesawat ruang angkasa robotika, yang sudah beredar di orbit Bumi selama 1.367 hari. Apa yang dikerjakan pesawat itu di orbit masih dirahasiakan.

Yang jelas, kabar terbaru dari Laboratorium Riset Angkatan Udara AS menyatakan pesawat rahasia bernama X-37B itu sedang mengujicobakan sebuah mesin baru pada penerbangan keempatnya.

Mesin baru itu disebut lebih hemat bahan bakar dalam melakukan manuver di ruang angkasa. Menariknya, mesin itu disebut mirip dengan yang dipakai oleh Darth Vader, tokoh rekaan sutradara George Lucas dalam film Star Wars, di pesawat tempurnya: Twin Ion Engine (TIE).

X-37B akan memakai pendorong bernama Hall, yang sebetulnya sudah dikembangkan pertama kali oleh Uni Soviet pada 1960-an. Pendorong semacam ini dipakai oleh satelit untuk memperbaiki posisinya saat mengorbit.

Mesin itu ternyata begitu efektif, yang sebelumnya tak begitu diyakini oleh pihak Amerika Serikat sebelumnya. Kini pendorong Hall biasa dipakai di satelit dan pesawat ke ruang angkasa yang jauh.

Nah, mesin itu adalah semacam mesin ion, seperti yang dipakai di pesawat Darth Vader. Pendorong Hall mendapatkan namanya dari efek Hall, di mana medan listrik tercipta tegak lurus dengan medan magnet.

Kalau diterapkan di mesin, medan listrik ini mengakselerasi ion-ion pada gas seperti xenon (Xe), yang mendorongnya ke luar dengan cepat sehingga bisa menghasilkan tenaga dorong pada kendaraan yang memakainya.

Pada siaran persnya, Laboratorium Riset AU Amerika Serikat mendeskripsikan tujuan dari tes mendatang adalah untuk mengumpulkan data yang akan dipakai untuk meningkatkan kemampuan mesin pendorong Hall.

Credit   CNN Indonesia