Senin, 05 Januari 2015

Tiongkok Tawarkan Kapal Pencari Kotak Hitam AirAsia

Lima kapal dikerahkan untuk pencarian kotak hitam pesawat.

Gelombang Laut Tinggi di lokasi Jatuhnya Pesawat Air Asia (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
  CB - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menyampaikan bahwa  ada tawaran kapal untuk mencari keberadaan kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata.

"Kita sedang siapkan tambahan bantuan tawaran dari Tiongkok untuk kirim 1 kapal yang punya peralatan untuk mencari black box," ujarnya di kantor Basarnas Jakarta, Minggu malam, 4 Januari 2015.

Soelistyo mengatakan, tawaran mengenai kapal dari Tiongkok tersebut saat ini sedang dalam tahap pembicaraan dan akan didiskusikan kembali.

Soelistyo mengungkapkan, jika kotak hitam nanti ditemukan, tantangan adanya lumpur meski tidak mempengaruhi sinyal pencarian kotak hitam. Namun akan mempersulit proses pengambilan.

"Kalau bagian besar sudah ditemukan, maka black box ada di area itu. Tantangan kita adalah adanya lumpur. Meskipun alat- alat untuk cari black box ping location canggih, tetapi berpengaruh terhadap proses pengambilan black boxnya," tuturnya.

Soelistyo juga memaparkan bahwa ada lima kapal yang dikerahkan untuk pencarian kotak hitam pesawat.

"Baruna Jaya sedang tambah alat. Perancis dengan dua alat tambahan akan di switch ke kapal Purworejo. Tim KNKT juga punya sistem dan alat pencarian yang mirip. Oleh karena itu, korban dan black box jadi prioritas pencarian kita besok," katanya.

Credit VIVAnews