Jumat, 23 Januari 2015

Jet Tempur RRC Ratusan Kali Masuki Wilayah Jepang


 Jet tempur F-35. (Ist)


Tokyo, CB – Kementrian Pertahanan Jepang mengeluarkan laporan tahunan, yang salah satu datanya memperlihatkan fakta jika jet tempur Republik Rakyat Cina ratusan kali menyusup ke wilayah udara Jepang.
Dalam sembilan bulan hingga tanggal 31 Desember, pesawat tempur Jepang dikerahkan sebanyak 744 kali untuk mengusir gangguan dari jet tempur Cina yang masuk wilayahnya. Angka itu lebih tinggi 32 persen dari tahun sebelumnya.
Dari 744 kali mengerahkan jet tempurnya, terjadi 372 perselisihan dengan jet tempur Cina, dimana 164 perselisihan terjadi di tiga bulan terakhir. Ini merupakan angka tertinggi sejak tahun 1958.
Jika tren terus berlangsung, diperkirakan pada bulan Maret nanti angkanya akan melewati 944, melewati angka 30 tahun lalu, yakni pada saat dunia masih dilanda Perang Dingin.
“Saat ini data yang kami utarakan baru tiga perempatnya,” kata juru bicara Angkatan Udara Jepang.
Selain menghalau jet tempur Cina di selatan, Jepang juga harus menghalau jet tempur dan jet mata-mata Rusia di bagian utara. Jepang dan Rusia sendiri memang tengah mempersengketakan empat pulau kecil yang terletak dengan Pulau Hokkaido.
Biar mendapat gangguan dari Rusia, Jepang tetap menganggap Cina adalah bahaya yang paling diawasi. Mereka baru saja membeli pesawat tempur F-35, pesawat pengangkut militer, dan kendaraan amfibi untuk menjaga perbatasan maritim yang berbatasan dengan Cina.

Credit harianterbit.com