Rabu, 28 Januari 2015

Ahok Janjikan Pantai Jakarta Landai Memanjang dengan Pasir Putih



Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kiri), di Balaikota, Senin (12/1/2015).

JAKARTA, CB - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi rencana PT Pembangunan Jaya Ancol mereklamasi pantai utara Jawa. Menurut dia, program reklamasi pantai itu bisa menambah luasan wilayah Jakarta. 

"Ke depan pantai di DKI panjang dengan pasir putih dan landainya jauh. Nah, kenapa kita enggak bikin, sehingga Jakarta punya pantai yang lebarnya hampir 4-5 kilometer, kan keren," kata Basuki, di Balaikota, Rabu (28/1/2015). 

Rencananya, sebagian besar proyek reklamasi diperuntukkan bagi tempat hiburan kelas dunia. Proyek reklamasi ini akan dikerjakan mulai 2015 ini. Basuki berharap, proyek taman hiburan bertaraf internasional ini selesai dalam 2 tahun ke depan.

PT Pembangunan Jaya Ancol, lanjut dia, bakal mereklamasi seluas 32 hektare laut utara Jawa. Selain untuk tempat hiburan, tanah reklamasi akan digunakan untuk membangun perkantoran, perumahan, dan lainnya.

"Biar nanti orang-orang kaya atau orang kelas menengah, tidak lagi ke Singapura atau ke Jepang. Tinggal langsung ke sini (taman hiburan internasional) saja," kata Basuki. 

Untuk tahap pertama reklamasi, PT Pembangunan Jaya Ancol membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,6 triliun. Wahana di atas reklamasi pantai utara Jakarta ini akan dibuat lebih dominan bertema laut dan berbeda dengan Dunia Fantasi (Dufan).


Credit  KOMPAS.com