Selasa, 13 September 2016

Transformasi Inalum: Dulu Milik Jepang Sekarang 100% RI

 
Transformasi Inalum: Dulu Milik Jepang Sekarang 100% RI  
Foto: Muhammad Idris
 
Jakarta -Hampir genap 3 tahun Winardi Sunoto menakhodai BUMN peleburan aluminium di Sumatera Utara, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Sebelumnya, perusahaan yang berkantor pusat di Kuala Tanjung, Kabupaten Asahan ini merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Jepang.

Saat pemerintah mengambil alih 58,87% saham dari Nippon Asahan Aluminium (NAA), muncul kekhawatiran kinerja Inalum bakal melorot setelah menjadi BUMN. Bahkan, menurut Winardi, di awal masa kepemimpinannya sejumlah karyawan pesimistis Inalum bisa tumbuh setelah investor Jepang hengkang.

Nyatanya dengan menjadi BUMN, Inalum tumbuh pesat dan bisa mengendalikan hasil produksinya. Berbeda saat masih dikuasai NAA, produk alumina, hasil peleburan dari bijih bauksit, sekitar 60% harus diekspor ke Jepang untuk diproses lebih lanjut menjadi aluminium di sana. Kewajiban mengekspor alumnina ke Jepang membuat Inalum tak banyak mengendalikan produk hilirnya.

Lantas, seperti apa transformasi Inalum dan kondisinya saat ini. Berikut petikan wawancara detikFinance dengan Direktur Utama Inalum, Winardi Sunoto, saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pekan lalu.

Apa saja yang Anda lakukan saat awal memimpin Inalum? Masalah apa saja yang dihadapi?
Dulu kan PMA, sekarang BUMN. Banyak peraturan yang harus disesuaikan, pengadaan, sumber daya manusianya, hampir semua termasuk hubungan dengan masyarakat sekitar. Artinya dari dulu PMA ke BUMN transisi perlu waktu, tapi kita kan sudah jalan dari 2013. Desember nanti sudah 3 tahun, pelan-pelan bisa jadi BUMN yang baik.

Kesulitan kan berbeda. Artinya, kita datang sebagai orang baru, belum tentu pegawai-pegawai sana mau welcome ke kita, apa benar ini?
Khawatir kinerja setelah jadi BUMN akan turun. Kenyataannya tidak kan. Di 2012 keuntungan hanya US$ 25 juta. Di 2013 US$ 68 juta, lalu 2014 US$ 156 juta. Kemudian, tahun lalu US$ 79 juta karena harga komoditas turun. Mudah-mudahan tahun ini bisa naik lagi.



Apakah masih ada orang Jepang di Inalum saat ini?
Sudah tidak ada. Waktu 2013 direksinya 4 orang Jepang semua, orang Indonesia 3. Sekarang direksinya 5 orang Indonesia semua. Dari direksi sampai orang paling di bawah orang kita semua.

Desember nanti Inalum 3 tahun jadi BUMN. Apa rencana Bapak ke depan?
Kesempatan perusahaan terbuka lebar. Artinya, kita diberi kesempatan pemegang saham agar perusahaan bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga bisa memberi manfaat ke seluruh stakeholder.

Dengan menjadi BUMN, Inalum sekarang bisa masuk ke industri hilir atau downstream product. Kalau dulu saat masih saham punya Jepang itu nggak bisa karena produk kita dikirim ke Jepang, downstream produk diproses di sana. Setelah Inalum jadi BUMN, kita lakukan di sini. Jadi, nilai tambahnya ada di sini sekarang.

Kenapa dulu proses industri hilir harus di Jepang?
Karena dulu saham pengendali mayoritas Jepang. Jadi, yang menentukan operasi perusahaan mereka, investor Jepang. Produknya 60% harus dikirim ke Jepang. Kalau sekarang setelah menjadi BUMN kita proses sendiri. Awal tahun lalu, Januari 2015, kita bangun pabrik hilir aluminium alloy, diharapkan tahun ini bisa produksi.

Berapa kapasitas pabrik tersebut?
Kapasitas aluminium 30.000 ton per tahun. Aluminium alloy 90.000 ton per tahun. Totalnya 120.000 ton setahun. Fokus untuk dalam negeri, kalau ada kelebihan baru kita ekspor.

Setelah produksi aluminium alloy, apakah produksi lebih ke hilir lagi?
Belum. Tapi nanti bertahap masuk ke sana, kan sekarang sudah banyak industri yang main. Inalum juga nggak mau head to head dengan mereka. Inalum saat ini baru pasok bahan baku untuk mereka.

Saat ini kebanyakan impor, nanti setelah kita selesai pabrik produk hilir mereka bisa pakai produk kita. Tidak harus impor sehingga devisa bisa hemat. Sudah jalan, 60% selesai. Sehingga akhir tahun sudah bisa comissioning.

Sekarang konsumsi aluminium dalam negeri 400.000 ton per tahun, termasuk scrap. Padahal Inalum sendiri produksinya hanya sekitar 260.000 ton, jadi sisanya masih impor. Inalum ke depan akan ekspansi dari 300.000 ton setahun ke 400.000 ton setahun. Terakhir di 2025 jadi 1 juta ton.

Saat ini Inalum masih impor alumina sebagai bahan baku aluminium. Kenapa harus impor?
Alumina kita impor karena belum ada alumnina refinery di Indonesia. Baru di Kalimantan Barat ada swasta bangun di sana, tapi itu buat mereka sendiri. Produknya diekspor ke China. Dipakai oleh sister company dia.

Kita produksi aluminium 260.000 ton, butuh bahan baku alumnina dua kali lipatnya, jadi 520.000 ton setahun. Kalau nanti naik jadi 1 juta ton, alumina perlu 2 juta ton, jadi perlu 2 kali lipatnya.

Inalum juga mengekspor aluminium, berapa banyak dan ke mana saja?
Sekitar 10% dari hasil produksi 260.000 ton itu, kurang lebih 20.000 ton setahun kita tender ke internasional. Bisa ke Jepang, Eropa, China. Siapa yang menawar harga terbaik, itu yang diekspor.

Inalum juga punya pengalaman di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), apakah ada rencana ekspansi ke pembangkit?
Untuk ekspansi, di Sumatera Utara itu peluangnya kecil. Tapi ke depan di Kalimantan Utara kita akan kembangkan di sana. Jadi, 500 MW berikutnya di Kalimantan Utara kita akan pakai PLTA juga. Mahal di awal tapi nanti harga bersaing. Di Kalimantan Utara banyak sungai, itu potensi besar sampai 6.000 MW.

Berapa rencana investasi di pembangkit dan apakah akan menjalin kerja sama dengan pihak lain?
Tergantung lokasinya. Memang sedikit lebih mahal, tapi operasinya lebih murah. Dan, selama ini kita sendiri. Tapi nanti berjalannya waktu ada yang menawarkan ikut, kita tidak tertutup.

Setelah melalui proses transformasi menjadi BUMN, bagaimana posisi Inalum dalam persaingan di industri aluminium saat ini?
Di dalam negeri kita tak ada pesaingnya. Luar negeri banyak, sekarang produksi dunia 55-60 juta ton setahun, dan separuhnya yaitu 33 juta ton dari China. Jadi, China demand aluminium besar, produksinya juga besar. China 50%. Sisanya dari Timur Tengah, Amerika Serikat, Kanada, Rusia. Lalu, ada Malaysia yang 700.000 ton setahun. Kalau Inalum 260.000 ton setahun. Tapi kita tetap meningkatkan daya saing supaya bisa bertahan.


Credit  detikfinance