Kamis, 19 Januari 2017

CIA Rilis 13 Juta Dokumen Rahasia Termasuk soal UFO


CIA Rilis 13 Juta Dokumen Rahasia Termasuk soal UFO
CIA Amerika Serikat merilis sekitar 13 juta halaman dokumen rahasia secara online, termasuk isu penampakan UFO. Foto / Science Photo Library
 
WASHINGTON - Sekitar 13 juta halaman dokumen rahasia milik Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS) telah dirilis secara online. Jutaan dokumen itu termasuk isu penampakan UFO yang selama ini dirahasikan AS.

Langkah CIA ini menyusul tuntutan dari kelompok pendukung kebebasan informasi. Dokumen yang dirilis CIA kali ini terdiri dari hampir 800.000 file.

Dokumen-dokumen CIA sebelumnya hanya dapat diakses di Arsip Nasional di Maryland. Selain soal isu penampakan UFO yang memicu teori konspirasi, surat-surat dari dari Henry Kissinger, Menteri Luar Negeri AS era Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford, juga ditampilkan dalam kumpulan dokumen ini.

Ratusan ribu halaman analisis intelijen, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan juga ada dalam dokumen rahasia yang dirilis CIA.

Data menarik lainnya adalah soal materi Perang Vietnam, Perang Korea dan Perang Dingin. Dokumen-dokumen yang dirilis ini dikenal sebagai database CREST (CIA Records Search Tool).

Salah satu contoh adalah data dari “proyek terowongan Berlin”—oleh CIA dikenal dengan kode “Operasi Emas”. Data ini membeberkan skema kerja intelijen gabungan antara CIA dan intelijen Inggris untuk melaksanakan pengintaian terhadap Tentara Soviet di Berlin selama tahun 1950.

Sejarah lahirnya CIA juga jadi bagian dari dokumen yang dirilis. "Semua ini adalah ‘cherry-picked’,” kata juru bicara CIA Heather Fritz Horniak kepada CNN yang dikutip Kamis (19/1/2017). ”Ini sejarah yang penuh. Ini baik dan buruk,” katanya lagi.



Credit  sindonews.com