Senin, 23 Januari 2017

Netanyahu Sebut Masyarakat Iran Teman Israel


 
Netanyahu Sebut Masyarakat Iran Teman Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut masyarakat Iran sebagai teman Israel. Foto/Reuters
 
TEL AVIV - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut masyarakat Iran sebagai teman Israel. Namun, menurut Netanyahu, hal itu tidak berlaku bagi pemerintah Iran, yang menurutnya adalah sebuah rezim yang kejam.

Dalam sebuah video yang dirilis pemerintah Israel, Netanyahu mengatakan, Israel bukanlah musuh masyarakat Iran, tapi merupakan teman. Kemudian, ia langsung melemparkan kritikan keras terhadap pemerintah Iran.

"Kami adalah teman Anda (masyarkat Iran), bukan musuh Anda," kata Netanyahu dalam Inggris dengan terjemahan bahasa Inggris di dalam videonya, seperti dilansir Al Jazeera pada Minggu (22/1).

"Rezim Iran sangat kejam, tapi tidak masyarakatnya. Rezim Iran sangat agresif, tapi masyarakatnya sangat hangat. Anda memiliki sejarah yang membanggakan, Anda memiliki budaya yang kaya. Tragisnya, Anda terbelenggu oleh tirani teokratis," sambungnya.

Iran sendiri merupakan salah satu rival abadi Israel di kawasan Timur Tengah. Perseteruan keduanya terutama karena sikap keras Iran terhadap isu Palestina-Israel, dimana diketahui Iran adalah salah satu pendukung Hamas, kelompok yang dianggap teroris oleh Israel.






Credit  sindonews.com